20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KPU Padang Lakukan Pendataan Pemilih di Lapas Muaro

PADANG, KP – Guna memastikan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mendatangi Lapas Muaro Padang. Menurut Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Padang Harianto, pendataan di Lapas Muaro itu guna memastikan Warga Binaan (WBP) didaftarkan sebagai data pemilih pada pilkada serentak 2020.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku, syarat untuk dapat memilih adalah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama dan alamat sesuai dengan KTP elektronik,” ujar Harianto.

Untuk itu KPU menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang dalam melakukan pendataan.

“Kita bekerjasama dengan Disdukcapil untuk mencari NIK WBP dengan menggunakan sistem geometrik yakni melalui sidil jari dan pemeriksaan retina mata,”ujarnya.

Sementara, Kasi Binadik Lapas Muaro Padang, Bayu Nurindra mengatakan pihak Lapas siap membantu KPU memfasilitasi pendataan terhadap WBP.

“Untuk NIK, memang Lapas tidak memiliki data tersebut karena tidak pernah dilampirkan pada setiap WBP yang masuk. Selama ini Lapas hanya menerima data seperti nama, alamat, dan tempat tanggal lahir WBP,” ujar Bayu.

Menurutnya, ada 911 WBP yang saat ini berada di Lapas Muaronamun tidak semuanya ber-KTP Sumbar. (ip)