MASUK DAFTAR 12 DAERAH TERBANYAK PASIEN POSITIF, Hendri Septa : Tolong Bantu Kami dengan Patuhi Protokol Kesehatan

PADANG, KP – Kota Padang masuk dalam daftar 12 Kabupaten/Kota yang berkontribusi sebesar 30 persen dari total kasus Covid aktif nasional. Bahkan, Pemerintah Pusat meminta dua Minggu kedepan untuk menurunkan jumlah kasus terpapar Corona dengan memperketat protokol kesehatan (prokes).

Menyikapi hal itu, Plt. Walikota Padang, Hendri Septa meminta warga Kota Padang untuk membantu pemerintah menurunkan angka kasus positif Covid-19 dengan memutus penyebaran dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Kita menargetkan minimal Kota Padang masuk dalam zona kuning. Untuk itu, selain menerapkan Perda Provinsi Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita juga sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Walikota Padang No.743/BPBD-Pdg/X/2020 yang ditandatangani 12 Oktober tentang dilarangnya pesta perkawinan terhitung 9 November mendatang,” sebut Hendri Septa kepada wartawan dalam desiminasi informasi secara virtual yang digelar Diskominfo Padang, Kamis (15/10). 

Dikatakan, surat edaran tersebut dikeluarkan, karena masih abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan, terutama di dalam kegiatan pesta perkawinan.

“Saya melihat sendiri di beberapa lokasi pesta perkawinan yang saya hadiri, masih banyak masyarakat yang lengah dengan prokes, mulai dari tidak memakai masker, hingga jumlah yang hadir bisa mencapai 300 orang. Kita menyayangkan hal itu. Untuk itu, kita meminta warga agar dapat membantu kami (pemko) dalam upaya menurunkan jumlah kasus positif Covid-19,” sampainya.

Ia mengharapkan dukungan dari seluruh warga Kota Padang untuk dapat mematuhi protokol kesehatan seperti yang sudah disampaikan pemerintah pusat, provinsi dan kota. “Kita juga ingin anak-anak dapat bersekolah lagi seperti biasa, begitu pun sektor ekonomi dan lainya agar pulih seperti biasa. Namun hal itu tergantung konsistensi kita dalam mamatuhi protokol kesehatan,” jelasnya.  

Ditambahkan, pasien positif di Kota Padang sudah tercatat 4971 orang dengan 2.894 pasien sembuh, 92 orang meninggal dunia dan 1080 orang masih ditunggu kesembuhannya.

Di tempat yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang, Henry mengatakan, menjelang diterapkannya surat edaran walikota terhadap larangan menggelar pesta perkawinan BPBD membentuk tim khusus dari tingkat kecamatan hingga kelurahan.

“Sosialisasi semakin diintensifkan pada tingkat kecamatan dan hingga kelurahan dengan membentuk tim khusus,”kata Hendri.

Disamping itu BPBD Kota Padang memaksimalkan kongsi Covid-19 tingkat RT/RW. Lalu, dicetak brosur tentang pola hidup baru yang dibagikan ke masyarakat sebagai pedoman melaksanakan protokol kesehatan.

“Tapi yang jelas, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan pesta perkawinan cukup melaksanakan akad nikah di kantor KUA, rumah ibadah, atau di rumah, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya. 

Selain itu, Kabag Hukum Padang, Yopi Krislova menyebutkan, disamping Perda No.6 tahun 2020 yang dikeluarkan Pemprov Sumbar, Pemko Padang sedang menyiapkan Perda AKB khusus. Kendati peraturan ini hampir sama, namun sifatnya memperkuat dari Perda yang dikeluarkan pemerintah provinsi.

Lalu, Kepala Satpol PP Kota Padang, Alfiadi menambahkan, sejak diberlakukan Perwako No.49 tahun 2020 pola hidup baru telah ditindak sebanyak 540 orang, sedang dari Perda No 06 tahun 2020 tentang Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) sudah ditindak sebanyak 160 orang. Lebih banyak sanksi yang diambil masyarakat tersebut denda dari pada kerja sosial.

Ditambahkan Alfiadi, Satpol PP terus melakukan pengawasan terhadap pelanggar protokol kesehatan. Saat ini, bukan saja tempat usaha namun sudah merambah ke kantor-kantor pemerintahan dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).“Dalam pengawasan dan penindakan di lapangan, anggota Satpol PP Kota Padang bergabung dengan jajaran Polresta Padang dan Satpol PP Provinsi,” pungkasnya. (nda)

Next Post

Rumah Warga di RW 1 Flamboyan BaruDisemprot Disinfektan

Kam Okt 15 , 2020
PADANG,KP – Dua orang warga di Jalan Dahlia RT 3/RW 1 Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang,dinyatakan positif covid-19. Saat ini keduanya dalam perawatan di rumah sakit. Warga setempat berharap mereka yang terpapar virus tersebut tabah menjalani masa perawatan dan segera sembuh sehingga dapat beraktivitas kembali seperti biasa. […]