28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Danpusterad : Sampai kapan pun Roh TNI adalah Rakyat

PAINAN, KP – Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi mengunjungi pelaksanaan program TMMD ke-109 Kodim 0311/Pessel, di kampung Dilan Kenagarian Pancung Taba kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

Kunjungan, pada Kamis (15/10) itu rangkaian dari tim pengawasan dan evaluasi pelaksanaan ptogram TMMD dilakukan secara serentak seluruh indonesia kepada satuan-satuan yang malaksanakan program TMMD ke-109.

Dalam kunjungan tersebut Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, Kapok Sahli Pandam Kolonel Cpl Jhon Sihombing, Kasiter Korem 032/Wbr Kolonel Kav Huzni Zon, Dansatgas TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti.

Sebelum peninjauan lokasi, Danpusterad menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat pemilik lahan yang digunakan sebagai lokasi pembukaan jalan baru dan dilanjutkan pembagian tali asih dan masker kepada mereka.

Danpusterad mengungkapkan, kunjungannya ke Kabupaten Pessel merupakan yang pertama kali serta bertujuan untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap program TMMD ke-109 di wilayah kodim 0311/Pessel.

“Kegiatan pengawasan evaluasi (wasev) ini juga berlaku bagi seluruh satuan-satuan yang melaksanakan program TMMD termasuk juga di Kabupaten Pessel ini, agar kami dapat melihat secara langsung progres program serta dampaknya untuk masyarakat sejauh mana, sehingga dapat dijadikan masukan untuk pelaksanaan yang akan datang,” sebut Danpusterad.

Lebih lanjut, Danpusterad menambahkan kegiatan TMMD ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan yang ada di wilayahnya. Sehingga sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak.

“Dukungan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan dalam kelancaran program TMMD ini, tidak hanya itu saja dukungan dari masyarakat pun tidak kalah pentingnya, kita harus menyadari bahwa TNI – Rakyat tidak Bisa di Pisahkan. Sejarah Perjuangan Indonesia membuktikan bahwa TNI Lahir dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan Sampai kapan pun Roh TNI adalah rakyat sehingga apa yang menjadi tujuan utama yaitu kemanunggalan TNI dan rakyat dapat dicapai,” tambah Danpusterad.

Sementara itu, Plt Bupati kabupaten Pessel, Mardi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim wasev yang sudah berkenan hadir di daerahnya.

“Terima kasih bapak Danpusterad sudah berkenan hadir ke daerah kami, jarang-jarang bahkan belum pernah sekalipun jenderal bintang tiga bisa kami lihat dengan mata kepala sendiri,” sebut Mardi.

Lebih Lanjut Mardi menambahkan, diharapkan kehadiran Danpusterad di daerah ini dapat menjadi rahmat bagi masyarakat kami yang ada di Kabupaten Pessel khususnya masyarakat Kecamatan IV Nagari Bayang Utara terlebih lagi masyarakat Kampung Dilan Kenagarian Pancung Taba.

“Kami mewakili masyarakat yang ada mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh jajaran TNI yang sudah berkorban waktu, tenaga, dan pikiran demi terbukanya akses jalan menuju kampung dilan yang sudah dinanti-nantikan selama 75 tahun lamanya,” tambahnya. (pen)