24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KEBAKARAN DI PADANG, Sembilan Rumah Hangus

PADANG, KP – Kebakaran menghanguskan sembilan unit rumah warga dalam dua peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Padang, Kamis malam (15/10) dan Jumat pagi (16/10). Sebanyak delapan rumah hangus dalam kebakaran di kawasan Tarandam V, Kelurahan Sawahan, Padang, Kamis malam (15/10) sekitar pukul 19.15 WIB dan satu rumah hangus dalam kebakaran di kawasan RT 01/RW 01, Kelurahan Cengkeh Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Jumat (16/10) sekitar pukul 07.25 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam dua peristiwa kebakaran itu namun kerugian materil diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

“Ada delapan unit rumah yang terbakar di kawasan Tarandam V, dengan rincian lima unit berupa rumah petak dan tiga unit rumah induk,” kata Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Padang, Dedi Henidal.

Untuk melakukan pemadaman pihaknya menurunkan sembilan unit armada untuk menjinakkan amukan si jago merah.Ia menyebutkan akses jalan ke lokasi yang sempit dan banyaknya warga setempat yang mengerubung ke lokasi untuk melihat kebakaran menjadi kendala bagi petugas untuk melakukan pemadaman.Petugas harus bekerja ekstra dan berkali-kali meminta warga menjauh dari lokasi kejadian.

“Sangat disayangkan masih ada warga yang menjadikan peristiwa kebakaran sebagai ‘objek wisata’,” katanya.

Dalam memadamkan api, pihaknya mengerahkan sembilan unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Terkait penyebab kebakaran, masih diselidiki pihak kepolisian. “Untuk menelusuri penyebab kebakaran, kita serahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian,” ungkapnya.

Sementara, Lurah SawahanYun Subekman mengatakantiga unit rumah yang terbakar merupakan rumah induk dan lima rumah petak merupakan kamar kos satu atap.Menurutnya ada delapan Kepala keluarga (KK) yang menghuni rumah dan kos yang terbakar tersebut. Mereka terdiri dari 24 jiwa dan saat ini telah diungsikan.

Sementara itu, pada Jumat pagi (16/10), kebakaran kembali terjadi dan menghanguskan sebuah rumah di RT 01 RW 01, Kelurahan Cengkeh Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung. Penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. (ant/pkt)