Mengejar Ketertinggalan

MANCHESTER, KP – Duel bigmatch Liga Inggris mempertemukan Manchester City vs Arsenal, di Stadion Etihad, Sabtu malam (17/10) mulai pukul 23.30 WIB.

Manajer Manchester CityPep Guardiola harus segera menemukan performaterbaik timnya jika tak mau semakin tertinggal dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini. Betapa tidak, City mengawali musim ini dengan buruk setelah hanya meraih empat angkadari tiga laga. Sempat menang 3-1 dari Wolverhampton Wanderers, Manchester Citytumbang dari Leicester City 5-2 dan ditahan imbang tim promosi Leeds United.

Satu masalah besar bagi Manchester City adalah pertahanan mereka yang terlihatsangat lemah. Kebobolan tujuh gol dari tiga laga menjadi rekor terburuk ManchesterCity di era Pep Guardiola.

Lemahnya pertahanan The Citizens sebenarnya sudah terjadi sejak musim laluselepas hengkangnya Vincent Kompany ke Anderlecht. Hal itulah yang membuatManchester City kemudian kehilangan gelar juara Liga Inggris yang berhasil direbut Liverpool.

Pada bursa transfer musim panas lalu, Manchester City sebenarnya sudahmendatangkan dua bek tengah baru. Mereka membeli Nathan Ake dari Bournemouth dan memboyong Ruben Dias dari Benfica. Akan tetapi keduanya belum klop dengan permainan yang diterapkan Guardiola.

Di sisi lain, lini depan Manchester City juga tampil kurang greget pada tiga lagaawal. Pep Guardiola mengalami krisis penyerang setelah Sergio Aguero mengalami cedera.Guardiola sama sekali tak punya penyerang tengah yangbisa diandalkan. Bahkan, Guardiola sempat memaksa Raheem Sterling dan Riyadh Mahrezmenggantikan peran Aguero, namun hasilnya tak maksimal. Ironisnya, Raheem Sterling justru mengalami cedera saat membela Timnas Inggris dalam UEFA Nation League dan Kualifikasi Piala Eropa. Sehingga, Sterling belum bisa dipastikan bermain pada laga kontra Arsenal. Ahasil, masalah Guardiola di lini depan semakin pelik.

Di sisi Arsenal, Mikel Arteta yang merupakan mantan asisten Guardiola justruMendapathasil lebih positif. Mereka berhasil meraih tiga kemenangan dari empatlaga awal musim ini dan berhasil menduduki posisi keempat klasemen sementara.

Sama seperti Manchester City, Arsenal juga sebenarnya memiliki masalah di linibelakang. Akan tetapi Arteta tampak lebih sukses dengan bek barunya, GabrielMagalhaes. Pemain yang diboyong dari Lille tersebut mampu menjawab kebutuhanArteta untuk melapis David Luiz yang musim lalu kerap kedodoran.

Di lini depan, kehadiran Willian yang diboyong dari Chelsea juga membuat Arsenallebih produktif. Pemain asal Brasil itu tercatat telah menciptakan dua assistdalam empat laga.

Arsenal juga mendapatkan tambahan tenaga dengan kehadiran Thomas Partey dariAtletico Madrid. Gelandang bertahan asal Ghana itu diprediksi akan diberikankesempatan bermain oleh Arteta pada laga kontra Manchester City.

PEMAIN KUNCI

PHIL FODEN (MANCHESTER CITY)

Phil Foden secara perlahan mampu masuk dalam starting line up Manchester City. Kepergian David Silva membuatnya menjadi starter dan menjadi sumber serangan The Citizens. Di usia muda, beban besar tak menghalanginya sejauh ini, apalagi dengan kreatifitas dan ketajamannya sejak akhir musim lalu.

PIERRE-EMERICK AUBAMEYANG (ARSENAL)

Tak ada yang meragukan kapasitas Pierre-Emerick Aubameyang bersama Arsenal. Sejak jaman Arsene Wenger hingga kini Mikel Arteta, ia menjadi tumpuan gol The Gunners. Kemampuannya beroperasi di lini depan dan sayap membuat lini serang Meriam London bisa diubah sesuai kebutuhan tim.

REKOR PERTEMUAN

Dari sisi rekor pertemuan, Manchester City layak diunggulkan untuk meraih kemenangan. Dalam tiga musim terakhir, Arsenal selalu meraih kekalahan dari Manchester City di ajang Liga Inggris.Tak hanya itu, Arsenal juga tercatat hanya mampu mencetak dua gol ke gawang Mancester City dalam enam laga terakhir tersebut.

Meskipun memiliki rekor pertemuan buruk, Arsenal musim ini tak bisa diremehkan. Apalagi Manchester City tengah dirundung masalah di semua lini.

Karena itu, Arsenal tampaknya layak mendapatkan hasil lebih baik pada laga Sabtu malam besok. Hasil imbang atau mungkin kemenangan tipis bisa jadi milik Arsenal jika Pep Guardiola tak segera menemukan solusi bagi masalah yang dihadapi Manchester City.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Manchester City (4-3-3): Ederson – Mendy, Laporte, Dias, Walker – Rodri, De

Bruyne, Foden – Sterling, Mahrez, Silva

Arsenal (4-3-3): Leno – Kolasinac, Gabriel, Luiz, Bellerin – Ceballos, Partey,

Willian – Pepe, Lacazette, Aubameyang. (ak/*)

ENAM PERTEMUAN TERAKHIR

Juni 2020

Manchester City vs Arsenal – 3-0

Desember 2019

Arsenal vs Manchester City – 0-3

Februari 2019

Manchester City vs Arsenal – 3-1

Agustus 2018

Arsenal vs Manchester City – 0-2

Maret 2018

Arsenal vs Manchester City – 0-3

November 2017

Manchester City vs Arsenal – 3-1

Next Post

KEBAKARAN DI PADANG, Sembilan Rumah Hangus

Jum Okt 16 , 2020
PADANG, KP – Kebakaran menghanguskan sembilan unit rumah warga dalam dua peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Padang, Kamis malam (15/10) dan Jumat pagi (16/10). Sebanyak delapan rumah hangus dalam kebakaran di kawasan Tarandam V, Kelurahan Sawahan, Padang, Kamis malam (15/10) sekitar pukul 19.15 WIB dan satu rumah hangus dalam […]