18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Majukan UKM, Pemko Bukittinggi Rutin BeriPembinaan pada Pengusaha Mikro

BUKITTINGGI, KP – Dalam rangka memperkenalkan produk unggulan yang dihasilkan UKM di Kota Bukittinggi ke Tingkat Nasional maupun Mancanegara. Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan secara rutin memberikan fasilitasi kepada para UKM. Khususnya di bidang Bordiran, sulaman, makanan, cenderamata dan fashion untuk mengikuti berbagai pameran yang diadakan di luar Provinsi bahkan luar Negeri. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi, Muhammad Idris kepada KORAN PADANG, Jumat lalu (16/10).

“Berkat promosi yang diadakan tersebut, produk-produk unggulan UKM Kota Bukittinggi semakin dikenal di tingkat Nasional bahkan Mancanegara. Dan tidak sedikit juga terjalin kontak dagang secara business antara pengrajin kita dengan para buyer di luar Provinsi dan luar Negeri,” ungkap Muhammad Idris.

Kemudian lanjutnya, untuk melakukan penguatan para pengusaha mikro di Bukittinggi, Pemerintah daerah secara rutin dan intensif juga melakukan pembinaan dengan tujuan agar para pengusaha mikro dapat semakin eksis dan berkembang serta mampu bersaing dengan para pengusaha yang datang dari Luar.

Disebutkannya, beberapa pembinaan yang dilakukan di antaranya mengadakan kegiatan pelatihan manajemen bisnis, sosialisasi sumber modal, temu kemitraan pengusaha mikro, workshop dan lain sebagainya. “Berkat pembinaan yang telah dilakukan dan tentunya usaha keras dari para pengusaha mikro itu sendiri, telah banyak pengusaha mikro kita yang telah maju dan berkembang, bahkan telah bisa naik kelas masuk dalam kategori Pengusaha Kecil dan Menengah,” terangnya. (eds)