29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

‘Pulang Kampung’ ke Pasaman, Indra Catri Mohon Doa Restu Masyarakat

LUBUK SIKAPING, KP -Kabupaten Pasaman memiliki kesan tersendiri bagi Indra Catri. Calon Wakil Gubernur Sumatra Barat itu menghabiskan masa kecilnya di daerah tersebut, dari SD hingga SMP. Baginya, Pasaman juga kampung halamannya.

Indra Catri mengatakan bahwa kenangan ketika kecil itu masih lekat dalam ingatannya. Ia juga masih aktif berkomunikasi dengan sejumlah teman-teman sekolahnya kala itu. Baginya, berkunjung ke Pasaman sama dengan pulang kampung.

“Masa kanak-kanak sampai remaja saya habiskan di Pasaman. Sudah tentu daerah ini dekat sekali dengan diri saya,” katanya, Sabtu (17/10).

Kesan lain Pasaman bagi Indra Catri selain karena ia menghabiskan masa kecil di sana ialah di daerah itu banyak sekali orang Agam. Karena itu, ia merasa semakin dekat dengan daerah yang berbatasan dengan Sumatra Utara tersebut.

Oleh sebab itu, Indra Catri meminta doa restu serta dukungan masyarakat Pasaman pada Pilgub Sumbar 2020. Baginya, dukungan masyarakat Pasaman merupakan motivasi tersendiri untuk memenangkan pesta demokrasi kali ini.

Dalam kunjungan kali itu Indra Catri mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Pasaman. Mereka menilai Indra Catri sebagai pemimpin yang bijaksana, rendah hati, dan tempat bertanya bagi anak kemenakan.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Bonjol, Ruditya Datuak Hijau, mengapresiasi Indra Catri maju dalam pilgub 2020. Menurutnya, Sumbar butuh sosok pemimpin yang paham persoalan di tengah masyarakat, seperti Nasrul Abit-Indra Catri. “Keduanya sudah berpengalaman. Sering juga terjung langsung ke tengah masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap kepada Nasrul Abit-Indra Catri jika terpilih jadi gubernur dan wakil gubernur untuk benar-benar memperhatikan dan menyejahterakan masyarakat. Harapan lainnya ialah meminta keduanya segera melakukan kerja nyata dan mewujudkan visi misi selama kampanye ini.

BERTEMU TEMAN REMAJA

“Lai takana jo ambo lai?” kata seorang lelaki paruh baya setelah melihat Indra Catri keluar dari Masjid Taqwa di Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Pasaman. Indra Catri langsung tersenyum danmerangkul pria tersebut. Ia ingat bahwa pria bernama Erwin itu merupakan kawannya semasa SMP di Lubuk Sikaping, Pasaman.

Ingatan Indra Catri merekam dengan baik kenangan bersama kawan semasa remajanya itu. Pada pertemuan tak terduga itu mereka bercengkerama dan tertawa lepas, mengenang masa SMP di daerah tersebut.

“Indra Catri kawan baik saya ketika SMP. Ia lalu pindah ke Bukittinggi dan komunikasi otomatis berkurang sejak itu,” kata Erwin, Sabtu.

Meskipun tidak bertemu dengan Indra Catri, Erwin mengaku mengikuti berita sahabatnya itu dari jauh, terutama sejak Indra Catri menjadi Bupati Agam. Meski Indra Catri sudah menjadi orang besar, Erwin menilai Indra Catri masih sama seperti dahulu, yakni rendah hati dan pandai bergaul.

Sewaktu SMP, kata Erwin, Indra Catri sudah menunjukkan pribadi yang santun dan bijaksana. Karena itu, ia tak heran bahwa saat ini calon Wakil Gubernur Sumbar itu sukses dalam setiap kariernya, baik ketika berdinas di Kota Padang maupun dalam dunia politik.

“Indra Catri orang baik. Pada Pilgub 2020 ini saya pasti mendukung Nasrul Abit-Indra Catri,” ucapnya.

Setelah lama bercerita, Erwin berpesan kepada Indra Catri untuk terus menjaga amanah masyarakat di mana pun berada. Ia meminta Indra Catri untuk mewujudkan semua program kerja dalam visi dan misi jika terpilih menjadi wakil gubernur.

Indra Catri mengatakan bahwa ia dan Nasrul Abit sudah merancang program kerja dari berbagai sektor. Mereka menyusun program tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Saya mohon doa dan dukungan masyarakat Pasaman. Pasaman adalah kampung saya juga,” ujarnya. (bim)