18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Sempat Tertunda, MTQ Tingkat Kota Payakumbuh Digelar Pada Oktober

PAYAKUMBUH, KP – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh tahun 2020 digelar pada 24-25 Oktober 2020. Pada pelaksanaannya kali ini, Kecamatan Payakumbuh Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah. Persiapan pelaksanaan MTQ itu dibahas dalam rapat terakhir di kantor camat bersama Walikota diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri, Kakankemenag Ramza Husmen didampingi Kasi Bimas Islam Hamdan, Camat Payakumbuh Selatan Junaidi, Ketua KAN Aua Kuniang Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo, Ketua KAN Limbukan, bundo kanduang, tokoh masyarakat dan tim teknis, Jumat (16/10).

MTQ yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret lalu itu terpaksa tertunda beberapa kali akibat Pandemi Covid-19. Namun keinginan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk menggelar MTQ didukung penuh oleh semangat masyarakat Payakumbuh yang menggebu-gebu antusias menanti pelaksanaan iven rutin di Payakumbuh tersebut. sedangkan masyarakat Payakumbuh Selatan sendiri sudah terkenal dengan partisipasi tingginya dari setiap iven yang ada di Kota Randang itu.

“Kita menjawab desakan masyarakat agar pelaksanaan MTQ tahun ini tetap dilaksanakan, asalkan bisa mematuhi protokol kesehatan sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” kata Kabag Kesra, Ul Fakhri.

Dikatakannya, pusat pelaksanaan MTQ ke-39 tahun ini berada di Gedung Serba Guna Nagari Aua Kuniang. Ada 12 cabang lomba yang gelarannya dilaksanakan di 6 Kelurahan. Beberapa lokasi cabang MTQ digelar di masjid, aula perkantoran dan sekolah di Payakumbuh Selatan yang memungkinkan dapat dikontrol penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. “Tidak ada lomba yang dilaksanakan secara terbuka di lapangan. Di dalam pelaksanaan acara, yang hanya boleh di dalam masjid yakni peserta, dewan juri dan panitia. Jadi tamu diatur masuk ke dalam acara, wajib bermasker,” ujarnya. 

Sementara itu Camat Payakumbuh Selatan, Junaidi mengatakan, persiapan telah finish, tim teknis dan panitia akan melaksanakan gotong royong untuk mempersiapkan lokasi acara. Mulai dari mempersiapkan tempat cuci tangan dan mengatur jarak antar orang yang akan berada di lokasi acara. “Kita cukup prihatin MTQ di tengah badai pandemi. Semoga pelaksanaannya sukses dan tetap mengikuti protokol kesehatan,” tukasnya. (dst)