24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Nagari Durian Tinggi Salurkan BLT-DD Fase Kedua Sebanyak Rp131,4 Juta

LUBUKSIKAPING, KP – Pemerintah Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa/Nagari (BLT-DD) fase kedua bulan Juli hingga September tahun 2020. Dana BLT fase kedua itu diserahkan kepada 146 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di delapan kejorongan daerah itu, Senin (19/10) di Aula kantor wali Nagari setempat.

Penyerahan dana desa fase kedua yang diserahkan kepada 146 KPM di delapan kejorongan daerah itu dengan total sebesar Rp 131.400.000. “Penyerahan BLT fase kedua hari ini dibagi dua sesi, yakni pagi dan siang. Untuk sesi pagi mulai pukul 08.00-12.00 Wib, penerima BLT adalah warga jorong Kp. Rapak, Durian Tinggi, Kp. Taji dan Kp. Lua. Selanjutnya sesi kedua pukul 14.00-16.00 Wib, penerimanya warga Jorong Cubadak Gadang, Kapalo Koto, Tampang, serta Kp. Lintang,” terang Wali Nagari Durian Tinggi, Richa Afandi. 

Richa Afandi di sela-sela penyerahan BLT mengatakan, pembagian BLT dana desa/nagari itu untuk warga terdampak Covid-19. “Pembagian BLT fase kedua ini kita serahkan secara terbuka dan transparan kepada KPM terdampak Covid-19 di delapan kejorongan di daerah ini,” ucapnya. 

Dikatakannya, pada bantuan tersebut, setiap KPM mendapatkan BLT-DD sebesar Rp300.000 per bulan selama tiga bulan. Sedangkan hari ini (kemarin-red), pihaknya membagikan tiga bulan, yakni (Juli-September 2020) sebesar Rp900.000 per KPM nya.

“Sedangkan fase pertama dana BLT juga sudah dibagikan, yakni April-Juni. Penyerahan pada fase pertama diserahkan bulan Mei 2020 lalu. Untuk masing-masing KPM mendapat BLT sebesar Rp 600.000, dikali tiga bulan menjadi Rp 1.800.000/KPM. Dengan total dana BLT keseluruhan pada fase pertama yakni Rp.262.800.000,” terangnya.

Dia menambahkan, dalam pengambilan dana BLT itu, masyarakat penerima cukup membawa persyaratan seperti foto KTP dan KK sebagai bukti bahwa warga tersebut penerima BLT fase kedua. Sedangkan dana yang dianggarkan untuk BLT tersebut sekitar 44 persen dari jumlah anggaran dana desa Nagari Durian Tinggi.

Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup selama Pandemi Covid-19. “Kita ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman, Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemerintah Pusat yang juga sudah membantu masyarakat Nagari Durian Tinggi dalam program BLT dana nagari yang diperuntukkan bagi warga terdampak Covid-19 ini,” tukasnya. (nst)