19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

400 Catin Diberi Bimbingan Pranikah

BATUSANGKAR, KP – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar, H. Syahrul didampingi Kasi Bimas H. Alinardius membuka secara resmi Bimbingan Perkawinan (BIMWIN) Pra Nikah Calon Pengantin AngkatanV di ruang pertemuan MAN2 Tanahdatar Lima Kaum, Selasa (20/10).

Kepala Kantor Kemenag Syahrul dalam arahannya mengatakan seorang suami dalam mengarungi bahtera rumah tangga diwajibkan dalam Agama Islam untuk menjaga dan melindungi keluarganya dari marabahaya selama berada di atas dunia dan menjauhkan dari api neraka di akhirat nanti.

Kemudian dalam rumah tangga seorang suami istri itu harus terbuka, saling percaya mempercayai antara suami dan isteri. Seorang isteri harus menghargai dan melindungi suaminya dan sebaliknya seorang suami harus menghargai dan melindungi istrinya.

Dalam kesempatan tersebut Ka Kankemenag mengharapkan seorang suami harus mampu membimbing dan mendidik istri dan anak-anaknya untuk menjalankan Agama Islam dengan benar. Melaksaanakan salat wajib lima waktu sehari semalam, karena salat itu merupakan tiang Agama Islam, disamping melaksanakan ibadah salat sunat lainnya.

Seorang suami jika telah mempunyai momongan nanti wajib untuk mengazankan jika yang dilahirkan itu anak laki-laki dan mengikamatkan jika mereka dilahirkan seorang perempuan.

Ka Kankemenag mengingatkan jangan sekali kali seorang suami mewakilkan kepada orang lain untuk mengazankan dan mengikamatkan anaknya. Kalau ini terjadi berarti suami tersebut belum memenuhi ajaran Islam.

Untuk itu Ka Kankemenag mengimbau dan mengajak para calon pengantin suami untuk belajar Agama dan melaksanakan salat setiap waktu yang diwajibkan dalam Agama Islam.

Selanjutnya ia juga mengajak para calon pengantin perempuan jika sudah berumah tangga nanti janganlah sekali kali membukakan aib seorang suami kepada orang lain, karena perbuatan itu merupakan perbuatan yang dilarang dalam Agama Islam.

Terakhir kepada calon suami, Ka Kankemenag mengingatkan jika suadah resmi menjadi suami istri nanti para suami wajib memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga sepeti mempersiapkan tempat tinggal, kebutuhan sandang, pangan dan kebutuhan pendidikan anak-anaknya nanti.

Ka Kankemenag meminta peserta utuk serius dan disiplin selama mengikuti Bimwin tetsebut, sehingga nantinya dapat dipahami dan dilaksanakan denga sebaik bainya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam H.Alinardius selaku Ketua pelaksana Bimwin dalam laporannya menjelaskan Bimwin tersebut merupakan Bimwin angkatan V yang dilaksanakan selama dua hari ( 20 dan 21 Oktober 2020), dengan peserta 15 pasang (30 orang) calon pengantin (Catin).

Bimwin tersebut mengambil tema “Dengan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Menuju Keluarga Sakinah Mawaddah Warrahmah.

Catin yang telah mengikuti Bimwin sampai saat ini di Kabupaten Tanahdatar pada tahun 2020 sudah berjumlah sebanyak 190 peserta. Pada tahun 2020 ini ada sebanyak 200 pasang (400) orang catin yang diberikan binwin.

Selama berlangsungnya binwin tersebut ada empat orang narasumber yang menyampaikan Materi diantaranya, H. Syahrul Kepala Kemenag Tanahdatar, Desi Asiswanti, dari Dinas Kesehatan Tanahdatar, H. Helmi Zuldi Kasi Penmad Kantor Kemenag Tanahdatar dan Raudhatul Jannah Penyuluh Agama Islam Kemenag Tanahdatar. (mas)