28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

5000 UMKM Dharmasraya Diajukan Dapat Bantuan dari Pusat

PULAUPUNJUNG, KP – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggulirkan bantuan langsung tunai melalui program Bantuan Presiden (Banpres) produktif kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Dharmasraya yang terdampak Covid-19.

“Bupati perintahkan langsung kepada saya untuk cepat tanggap guna menanggapiadanya dampak Covid-19 ini terhadap perekonomin masyarakat Dharmasraya. Atas intruksi langsung dari bupatikita mengejar program ini untuk kita salurkan kepada para UMKM yang terdampak covid yang ada di Dharmasraya,”ungkap Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Koperindag) dan UMKM setempat, Zubrizal diruangan kerjanya, Selasa (20/10).

Alhamdulillah sebutnya, berkat komunikasi Bupati dengan Kementrian Koperasi dan UMKM, Dharmasraya sudah mendapatkan bantuan tersebut dan sudah disalurkan sebanyak 2.480 ke pelaku UMKM.

Kata Zubrizal, bantuan sebesar Rp2,4 juta ini diterima para pelaku UMKM langsung ke rekening masing-masing melalui perbankan yang telah ditunjuk pemerintah.

“Dana ini langsung masuk ke rekening masing-masing pelaku usaha, kemungkinan sudah sebagian besar dana ini diterima oleh para pelaku UMKM, “jelasnya.

Dikatakan Zubrizal, pihaknya juga telah kembali mengajukan sekitar 5000 pelaku UMKM untuk kembali menerima bantuan tersebut. “Pemerintah terus mengejar dana-dana yang ada di pusat untuk disalurkan kepada para pelaku UMKM,”tegasnya.

Selain itu, kata Zubrizal, pihaknya juga saat Menteri Koperasi dan UMKM ke Dharmasraya juga telah memberikan bantuan kepada para pelaku usaha pemula dan sebanyak 200 lebih pelaku usaha telah menerima bantuan masing masing Rp10 juta sampai Rp13 juta.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini juga akan segera dicairkan kembali dana untuk usaha pemula hingga 300 pelaku usaha pemula,” tandasnya.(jup)