28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Lapas Muaro Gandeng BRI untuk Gunakan Uang Elektronik

PADANG, KP – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Muaro Padang, Arimin bersama Kepala Cabang BRI Padang, Zulherman Isfian, menandatangani perjanjian kerjasama penggunaan uang elektronik di lingkungan Lapas Muaro Padang. Upaya ini dilakukan sebagai langkah mendukung program pemerintah dalam mengurangi penggunaan uang tunai serta menekan angka penyalahgunaan uang tunai di dalam Lapas.

“Dengan tidak adanya uang tunai yang beredar kita harapkan tidak ada lagi transaksi narkoba maupun perjudian di dalam Lapas,” ujar Arimin, kemarin.

Selain itu, lanjutnya, upaya ini juga guna mencegah praktek-praktek suap maupun pungli oleh petugas Lapas.Selanjutnya untuk belanja kebutuhan sehari-hari para warga binaan dapat menggunakan uang elektronik melalui kartu Brizzi.

Sementara, Kepala Cabang BRI Padang, Zulherman Isfian, mengatakan, untuk mencegah terjadinya penyalah gunaan kartu Brizzi, maka pihaknya membatasi jumlah saldo di dalam kartu terebut.

“Untuk mendukung penggunaan Brizzi di Lapas, kita akan memasang edisi untuk bertransaksi selain itu kita juga akan menempatkan agen Brilink,”lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kanwil kemenkumham Sumbar, Budi Situngkir dalam sambutannya sangat mendukung upaya Lapas Muara Padang.Menurutnya, dalam era revolusi digital saat ini, penggunaan uang elektronik sudah menjadi suatu kebutuhan sehari-hari.

“Jika ingin lebih baik kita harus berani melakukan perubahan, penggunaan uang elektronik ini sudah mulai dilaksanakan di beberapa daerah,”tambahnya.

Kadiv PAS menargetkan, bulan Desember tahun ini semua satuan kerja (satker) di lingkungan Kanwil Kemenkumham sudah ikut melaksanakan program ini.(ip)