28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Plt Wako Mardison Lantik Ahmad Zakri Sebagai Pj Sekdako Pariaman

PARIAMAN, KP – Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyudin, melantik Penjabat (Pj) Sekdako Pariaman Ahmad Zakri, di Aula Balaikota, Senin sore (19/10). Mengawali sambutannya, Mardison menyampaikan, meskipun pelantikan Pj. Sekdako penting, namun Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia) Irma Dawani tidak dapat hadir dikarenakan dalam kondisi sakit.

Ia melanjutkan, pelantikan Penjabat Sekdako Pariaman harus segera dilaksanakan karena Plt. Sekretaris daerah sudah diangkat sejak maret lalu dan sudah habis masa tugasnya. “Tentu dari jangka waktu yang telah ditentukan dan sesuai Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) maka Gubernur segera memerintahkan untuk segera menunjuk penjabat Sekdako Pariaman,” ulasnya.

Alhamdulillah sambungnya, Gubernur mengirim seorang Kepala Biro Organisasi di Pemprov untuk menjabat sebagai Sekretaris Daerah selama tiga bulan akan datang. Dari profile rekam jejak yang dikirim Gubernur, Penjabat Sekda juga berpengalaman di Badan Perencanaan serta alumni IPDN. 

Oleh karena itu Mardison yakin, di tangan Pj Sekda, pelaksanaan kunci koordinator, pelayanan dan kuasa pengguna anggaran bisa ia laksanakan dengan baik. “Selama tiga bulan ke depan, saat berjalannya tugas penjabat Sekdako Pariaman, kita juga akan melaksanakn open bidding, yaitu proses mencari Sekda definitif,” ulasnya.

Kemudian dalam tiga bulan itu juga lanjut Mardison, Pemda juga akan melakukan proses pembentukan tim lelang. Dan tentunya harus izin dari Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sumbar.

Di samping itu, Mardison juga mengatakan tidak ada motif apapun baik unsur politik maupun kepentingan seseorang terhadap pergantian Pj Sekdako Pariaman. “Karena semuanya murni aturan, sebagaimana Permendagri. sehingga dilakukanlah pelantikan yang dikirim Gubernur Sumbar. 

Sementara itu Plt. Sekda sebelumnya Fadhli, kembali ke jabatan semula sebagai Kepala Bappeda (Badan Perencana dan Pembangunan Daerah). (war)