14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

RT/RW Diminta Tingkatkan Kepekaan Terhadap Kondisi Wilayah

PADANG, KP – Lurah Rawang Kecamatan Padang Selatan, Andi Amir meminta segenap pengurus RT/RW agar meningkatkan kepekaan terhadap kondisi di wilayahnya masing-masing.Hal tersebut disampaikannya di hadapan seluruh ketua RT/RW Kelurahan Rawang saat membagikan dana operasional RT/ RW di Aula Kantor Lurah, baru-baru ini.

Menurut Andi, peran RT/RW sangat penting membantu pemerintah kelurahan dalam melakukan sosialisasi serta melaksanakan program-program pembangunan di wilayah tersebut.

“RT/RW merupakan perpanjangan tangan pemerintah, Lurah tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari RT/RW karena merekalah yang lebih mengetahui kondisi masyarakat di wilayahnya,” ujarnya.

Apalagi di tengah kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir bahkan kasus positif cenderung meningkat, maka RT/RW adalah garda terdepan dalam menggerakkan masyarakat untuk dapat mengedukasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Sementara Camat Padang Selatan Teddy Antonius diwakili SekretarIs Kecamatan (Sekcam) Maspeg, menghimbau masyarakat melalui RT/RW agar menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sesuai Perda Nomor 6 tahun 2020 serta Perwako Nomor 49 tahun 2020 guna memutus rantai penyebaran Covid 19.

“Saat ini kasus positif covid-19 cenderung meningkat, untuk itu kita minta kepada RT/RW agar mengedukasi masyarakat agar menerapkan kebiasaan memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan,” ujar Maspeg.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, lanjutnya, sekaligus dapat menghindarkan masyarakat dari ancaman sanksi.”Sesuai Perda Nomor 6 tahun 2020, maka setiap masyarakat yang melanggar dapat dikenakan sanksi mulai dari sanksi sosial, denda, hingga hukuman kurungan,” pungkasnya. (ip)