9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tim Gabungan Jaring Belasan Pelanggar Prokes di Pasar Lubuk Buaya

PADANG, KP – Tim Gabungan Satpol PP dan Polresta Padang kembali menjaring warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes), Senin lalu (19/10).Mereka ini terjaring di kawasan Pasar Lubuk Buaya Padang, Kecamatan Koto Tangah karena kedapatan tidak memakai masker.

“Dari gelar operasi yustisi Covid-19 di Pasar Lubuk Buaya, kita menjaring 14 warga yang melanggar protokol kesehatan sesuai Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang AKB,” ujar Kepala Satpol PP Kota Padang, Alfiadi, kemarin.

Selanjutnya, kepada para pelanggar diberikan dua pilihan sanksi yaitu sanksi kerja sosial dan sanksi denda.“Rata-rata mereka memilih sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum di kawasan Pasar Lubuk Buaya,”ujarnya.

Tak hanya itu, data para pelanggar prokes tersebut juga langsung dicatat petugas di Aplikasi Sistim Pelanggar Perda (Sipelada).“Dengan aplikasi Sipelada ini, apabila ditemukan pelanggar mengulangi pelanggaran serupa terhadap protokol kesehatan, maka selanjutnya akan dikenakan sanksi administrasi atau kurungan,”lanjutnya.

Untuk itu, agar tidak dikenakan sanksi yang lebih berat, dirinya mengimbau masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga imun tubuh. (ip)