24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

BKKBN Sumbar Minta Kader KB Bantu Sosialisasi Protokol Kesehatan

PADANG, KP – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sumatera Barat meminta para kader keluarga berencana (KB) membantu menyosialisasikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

“Dalam menghadapi pandemi ini, kita berharap kader mampu memberikan edukasi dan mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” kataKepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat Etna Estelita di Solok, Rabu (21/10).

Para kader keluarga berencana biasa berhubungan langsung dengan keluarga-keluarga sasaran dan memiliki jaringan dengan kelompok-kelompok masyarakat.

Etna mengatakan, para kader bisa menyelipkan informasi mengenai upaya pencegahan COVID-19 saat menyampaikan penyuluhan ke keluarga dan kelompok masyarakat mengenai program Keluarga Berencana (KB) dan Generasi Berencana (Genre).

Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana Kota Solok Ardinal mengatakan bahwa ada 147 kader KB di wilayah Solok.

Ia memuji kinerja para kader KB dalam upaya menekan angka kelahiran serta meningkatkan cakupan program KB sehingga mencapai angka 72 persen.

“Kita tekankan agar 72 persen ini tetap menjadi peserta KB dan sisanya menjadi pekerjaan kita agar semakin banyak yang menjadi peserta KB,” kata dia.

Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska juga mengapresiasi kerja pada kader KB dan berjanji mengupayakan peningkatan kesejahteraan kader.

“Tidak ada regulasi yang mengatur honor kader, namun kita usahakan yang terbaik dan sudah digodok bersama di tingkat pusat,” kata dia. (ant)