27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Teority : Cara mudah mempelajari Sistem Organ secara menyenangkan

Saat ini, guru mengajar sistem tubuh manusia menggunakan dua media ajar. Media ajar pertama adalah gambar-gambar dua dimensi tubuh manusia beserta organnya pada kertas peraga. Media ajar kedua adalah dengan menggunakan patung manusia yang disebut juga dengan torso manusia. Guru dapat menjelaskan secara visual posisi organ tersebut terhadap organ lainnya. Sedangkan untuk fungsi dan cara organ bekerja guru masih menggunakan teknik verbal tanpa dibantu media ajar yang sesuai. Sehingga dibutukan media ajar yang  mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja organ tubuh.

Diskusi bersama guru dan Kepala Sekolah telah dilakukan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan pembelajaran sistem tubuh manusia. Untuk itu, mitra bersama tim berkomitmen untuk melaksanakan sebuah kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui program PKM-M pendanaan tahun 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem pembelajaran yang dapat membantu guru untuk menjelaskan bagian dalam dan bagian luar dari sistem tubuh manusia di kelas 5 SD. Kegiatan ini membantu guru menjelaskan proses yang terjadi di dalam sistem tubuh manusia dengan efektif dan menarik. Kegiatan ini juga ditargetkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sistem tubuh manusia dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ajar yang telah ada saat ini. Sistem ini kami beri nama TEORITY. TEORITY dinisiasi oleh enam orang mahasiswa Universitas Andalas yaitu Devianda Ananta Sandri,Riko Candra,Avelia Fairuz Faadhilah,Khairunnisa Lizzikrillah,Robbi Noberlam Dasyura danVinoza Shalsabila dengan dosen pembimbing Bapak Dr. Eng.Muhammad Ilhamdi Rusydi, S.T.,M.T.

TEORITY merupakan sebuah situs pembelajaran daring yang berisi tiga pokok bahasan, yaitu sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem peredaran darah. Ketiga sistem tubuh manusia dikemas dalam bentuk animasi yang dapat disimulasikan secara mandiri oleh siswa. TEORITY dirancang agar siswa dapat melihat secara visual dan rinci proses yang terjadi di dalam organ tubuh. Untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang tersedia, TEORITY dilengkapi dengan kuis dan permainan. Kuis yang disediakan berupa pertanyaan dengan jawaban singkat. Sedangkan permainan yang disediakan berupa teka-teki gambar organ di dalam tubuh manusia. 

Situs pembelajaran daring TEORITY dapat diakses pada laman http://teoritypkmunand.ikonyoa.com/.

Tampilan Situs TEORITY

Gambar 1. Tampilan Laman Utama Situs TEORITY

Gambar 2. Tampilan Laman Materi Sistem Pernafasan Situs TEORITY

Gambar 3. Tampilan Laman Kuis

Gambar 4. Tampilan Laman Perkenalan Tim