19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pemkab Padangpariaman Adakan Workshop Protokol dan Jurnalistik

PARITMALINTANG, KP – Bagian Humas dan Protokol Pemkab Padangpariaman, adakan Workshop Protokol dan Jurnalistik di Hall IKK Kantor Bupati Padangpariaman, Rabu (21/10).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman Jonpriadi mengatakan, Master Of Ceremony (MC) merupakan bagian dari keprotokolan. Oleh karena itu sangat perlu pemahaman bagi staf minimal untuk mengadakan acara di instansi masing-masing.

“Kegiatan keprotokolan bukan cuman MC saja, namun kegiatan keprotokolan dapat dicontohkan dengan dari saya masuk dan keluar ruangan pun itu termasuk protokol. Karena protokol merupakan kunci acara, bagus protokol maka bagus juga acaranya,” ujar Sekda.

Karena itu lanjutnya, tugas protokol sangat kompleks dan komprehensif karena protokol diperlukan untuk pengaturan dalam sebuah acara. Ia juga mengatakan, jurnalistik sangat penting, karena dengan adanya jurnalistik orang yang bersangkutan dapat mensosialisasikan beberapa program dan produk melalui media dan lainnya. 

“Berita yang dirilis Humas itu juga bisa mempengaruhi bagaimana seseorang mengetahui program kerja yang baik dalam pemerintahan. Untuk itu diperlukan acara workshop untuk belajar ilmu protokol dan jurnalistik. Dan berharap hasil dari acara ini bisa memperbaiki permasalahan dari acara sebelum,” terangnya.

Dalam hal ini, Sekda juga menambahkan beberapa informasi terkait Perda baru dan sanksi guna menanggulangi penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat dan mengajak untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Padangpariaman, Anton Wira Tanjung mengatakan, acara itu diadakan dua tahap, sebelumnya telah dilaksanakan pada Juli dan sekarang di bulan Oktober. “Workshop ini diadakan guna menambah pengetahuan terkait keprotokolan dan jurnalistik pada masing-masing instansi minimal pada saat mengangkat sebuah acara sehingga swadaya pada bidang keprotokolan dan jurnalistik bertambah,” imbuhnya.

Selain itu ia berharap dengan pengadaan acara tersebut publikasi-publikasi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat menyebar luas, sehingga publikasi di masing-masing OPD dapat cepat dilakukan. (war)