19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Penjambret Ponsel Ditembak Polisi

PADANG, KP – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang meringkus seorang tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan yang beraksi di Konter Jaya Phone, Jalan Nipah, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pelaku diketahui berinisial ES (40 tahun) yang saat melakukan pencurian terekam kamera pengawas CCTV.

Pelaku ditangkap Selasa malam (20/10) sekitar pukul 21.00 WIB di kawasan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan. Saat akan ditangkap, tersangka berusaha melawan petugas dan berupaya melarikan diri. Sehingga, pihaknya kepolisian terpaksa menembak kaki kanannya.

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengungkapkan tersangka ditangkap hanya selang satu hari setelah beraksi pada Senin malam (19/10). Modus pelaku berpura-pura membeli pulsa dan kemudian merampas telepon seluler (ponsel) dari tangan korban.

Selain pelaku utama, kata Rico, pihaknya juga meringkus pelaku lainnya berinsial ZI (45 tahun) yang merupakan penadah ponsel rampasan tersebut. Ternyata, ponsel itu hanya ditukar dengan narkoba jenis sabu.

“Dari keterangan pelaku ES, satu unit handphone yang dia rampas ditukar dengan sabu milik ZI,” kata Rico seperti dilansir Langgam.id, Rabu (21/10).

Ia menjelaskan tersangka ZI diamankan di Jalan Palembang Teluk Nibung, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Hasil penggeladahan di kediamannya, pihak kepolisian juga menemukan belasan paket sabu siap edar.

“Selain menemukan barang bukti berupa telepon seluler yang dirampas pelaku ES, kami juga menyita lima paket besar dan 12 paket kecil sabu milik pelaku ZI, berikut alat untuk mengkonsumsi sabu,” ujarnya.

Setelah menemukan barang bukti, pelaku langsung digiring ke Polresta Padang. Sebelumnya, tersangka ESsempat mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara akibat luka tembak di kaki kanannya tersebut.

Kompol Rico mengungkapkan, pihaknya berhasil mengungkap kasus itu dari hasil rekaman CCTV di sekitar Konter Jaya Phone. Pelaku ES saat beraksi cukup lihai, bahkan dari perbuatannya membuat tangan korban terkilir. Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku datang ke Konter Jaya Phone dengan menggunakan sepeda motor. Kemudian pelaku berhenti dipinggir jalan tanpa mematikan sepeda motornya.

“Setelah itu pelaku memesan pulsa Rp5.000 dan setelah korban selesai memasukkan pulsa yang diminta, pelaku merampas handphone yang sedang dipegang korban. Rampasan itu cukup keras sehingga membuat tangan korban terkilir,” ujar Rico.

Dia menyebutkan, kedua tersangka saat ini telah mendekam di sel tahanan Polresta Padang. Sementara tersangka ZI juga ditangani Satnarkoba atas kepemilikan belasan sabu yang ditemukan saat penangkapan. “Pelaku ZI kami serahkan ke Satnarkoba untuk dilakukan pengembangan terkait jaringan pelaku dalam bisnis narkoba,” pungkasnya. (lgm)