24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

BNPB Kucurkan Rp19 Miliar untuk Penanganan Abrasi Pantai Padang

PADANG, KP – Abrasi pantai yang terjadi di sejumlah titik di Kota Padang segera diatasi menyusul bantuan yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp19 miliar.Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Harmensyah kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di ruang rapat Istana Gubernuran, Rabu (21/10).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB. Bantuan tersebut sangat penting untuk penanganan bencana abrasi pantai di Padang. Semoga ke depan perhatian dari pusat tetap terus ada untuk membantu kita di daerah,” kata Irwan Prayitno usai menerima bantuan.

Dikatakan gubernur, abrasi air laut semakin hari semakin mengikis Pantai Padang dan merusak sejumlah fasilitas umum yang ada di sekitarnya, seperti areal Masjid Al-Hakim, Tugu Merpati, dan kawasan pantai Pasir Jambak hingga sampai ke jalan raya. Bantuan yang diberikan BNPB dapat digunakan untuk penanganan bencana khusus abrasi tersebut.

“Diperkirakan penanganan bencana abrasi untuk Masjid Al-Hakim sekitar Rp 9 miliar, di Tugu Merpati Rp 7 miliar, dan di Pasir Jambak sekitar Rp 3 miliar, sehingga total biaya yang dibutuhkan Rp 19 miliar. Karena itu, pembangunan penahan abrasi pantai segera kita dilaksanakan, dan berharap sangat bermanfaat bagi masyarakat,” terang Irwan Prayitno.

Sekretaris Utama BNPBHarmensyah mengatakankegiatan ini merupakan perjuangan dari Komisi VIII DPR RI yang perlu disegerakan. Kalau kondisi pantai tersebut terus dibiarkan, tentu sangat berbahaya. Masjid dan Tugu Merpati serta fasilitas umum lainnya akan tergerus terkena abrasi.

“Ini berdampak cukup besar terhadap hajat hidup orang banyak, dan dapat menyelamatkan aset infrastruktur yang dibangun di kawasan pantai tersebut,” ucap Harmensyah.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi VIII DPR RI, Asli Khaidir menyebut, DPR RI sangat mendukung pelaksanaan pembangunan penahan abrasi tersebut.”Dukungan DPR RI sendiri dalam hal ini tentu kita lihat kegiatan pembangunan mana yang paling penting dan harus didahulukan. Dari sekian banyak permintaan, kita buat skala prioritasnya,” sebutnya.

Ia berharap bantuan itu bisa langsung direalisasikan. Sehingga masyarakat yang hidup di kawasan pantai merasa aman kembali. Begitu juga keberadaan aset pemerintah dan rumah ibadah yang berada di pinggir pantai, dapat diselamatkan.Selanjutnya rombongan BNPB dan DPR RI serta didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan jajarannya meninjau lokasi abrasi pantai. (ip)