20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Lapas Muaro Gelar MTQ Antar Warga Binaan

PADANG, KP – Sebanyak 31 orang warga binaan Lapas Kelas II A Muaro Padang mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran dan Musabaqah Hafidz Quran (MTQ/MHQ) yang diadakan di Masjid Taqwa Lapas Muaro Padang, Rabu (21/10).Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari hingga 24 Oktober itu sekaligus dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.

Kepala Lapas Muaro Padang Arimin menjelaskankegiatan MTQ/MHQ itu diikuti oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sudah mengikuti program santri yang diadakan Lapas Muaro Padang.

“Kegiatan MTQ/MHQ ini kita adakan dalam rangka hari santri nasional juga untuk memotivasi WBP agar lebih giat lagi mempelajari ilmu agama,” ujar Arimin, kemarin.

Menurutnya sebelum pandemi covid-19, para warga binaan yang mengikuti program santri mendapat bimbingan langsung dari Kanwil Kemenag dan Yayasan Darul Ilmi.Namun di masa pandemi, Lapas Muaro Padang meniadakan kunjungan maka kegiatan pembinaan dilakukan secara daring.

Koordinator program santri, Feri Asean menjelaskan para peserta yang mengikuti MTQ/MHQ adalah santri yang sudah hafal juz 30 Alquran.Untuk tim penilai dan juri berasal dari WBP yang sudah Hafidz juz 30 pada peringatan hari santri tahun lalu.Sejak program santri dimulai pada 2018, jumlah WBP yang mengikuti program ini terus meningkat pesat.

“Awalnya program ini hanya diikuti oleh 15 orang WBP, saat ini ada sekitar hampir 500 yang ikut atau lebih dari separuh jumlah WBP di Lapas Muaro,” ujar Feri. (ip)