19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PIMPIN APEL HARI SANTRI NASIONAL, Ka Kankemenag Tanahdatar : Tetap Berikan Pembelajaran Kepada Santri Meski Tidak Bertatap Muka

BATUSANGKAR, KP – Apel Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020 di Kabupaten Tanahdatar, dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar. Bertindak selaku pembina apel, Ka Kankemenag Tanahdatar H. Syahrul, Kamis (22/10). Serta turut hadir Kasubag TU, Kasi Pontren, Kasi Penmad, Kasi Bimas Islam, Penyelenggara Zawa dan seluruh pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Madrasah se-Kabupaten Tanahdatar dan ASN Kantor Kemenag Tanahdatar.

Dalam kesempatan tersebut, Ka Kankemenag H. Syahrul membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Rozi yang berharap pemilihan tema Hari Santri Nusantara, “Santri Sehat Indonesia Kuat” agar dapat memberi motivasi bagi seluruh santri Pondok Pesantren untuk tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19 yang sedang melanda. 

H. Syahrul mengatakan, Hari Santri Nasional (HSN) diperingati setiap 22 Oktober semenjak 2015 lalu. Peringatan tersebut ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan itu dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang ke-Indonesiaan yang digelorakan para ulama.

Lebih lanjut, H. Syahrul mengajak Pimpinan Pondok Pesantren di Tanahdatar untuk tetap memberikan pembelajaran pada masa Pandemi kepada santri meskipun tidak bertatap muka. Serta jangan menyerah dan lengah dengan kondisi saat ini, teruslah berbuat untuk kebaikan dan ketaatan. 

Kepada Peserta apel khususnya Kasubbag TU, para Kasi, Kepala Madrasah serta seluruh ASN, ia mengajak untuk selalu melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik karena setiap kinerja ASN itu dinilai. Dia mengingatkan, pimpinan madrasah yang menggunakan uang negara untuk pelaksanaan pendidikan agar bersiap-siap untuk diaudit tim Irjen Kemenag RI. Karena setiap uang negara yang digunakan harus ada pertanggungjawabannya.

Di akhir sambutannya, Ka Kankemenag mengucapkan Yel-yel Santri Sehat, Indonesia Kuat bersama peserta apel. (yon)