18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pjs Bupati Pasbar Apresiasi Sikap Warga Kembalikan BLT

SIMPANGEMPAT, KP – Satu orang warga Jorong Muara Mais Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Syafa Akhir (43) mengembalikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu perbulan yang diterimanya selama jangka waktu tiga bulan terakhir ini.

Pengembalian itu dinilainya karena masih banyak lagi warga yang lebih layak untuk menerima dibanding dirinya yang masih sanggup untuk berusaha.

Pengembalian BLT itu diserahkannya kepada Pemerintah melalui Pjs Bupati Pasbar, Hansastri di Aula Kantor Wali Nagari Batahan, Selasa (20/10) lalu.

Syafa Akhir mengatakan, dirinya sudah tidak layak lagi untuk menerima bantuan sosial tersebut, sebab ekonominya sudah membaik dari sebelumnya.

“Masih banyak masyarakat yang lebih membutuhkan daripada saya, maka silahkan diberikan kepada yang lebih membutuhkan tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan, menurutnya BLT tersebut tujuannya adalah untuk memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat, bukan malah bergantung terhadap bantuan tersebut.

“Seharusnya bantuan itu kita pakai untuk memperbaiki perekonomian kita yang menerima, supaya nantinya dapat diberikan kepada yang membutuhkan ketika ekonomi kita telah membaik,” pungkasnya.

Hal tersebut membuat Pjs Bupati Pasbar, Hansastri memberikan apresiasi terhadap sikap bijak dan mulia warganya tersebut, karena dimasa seperti saat sekarang ini rasanya hal seperti ini sangat langka untuk bisa dijumpai.

“Tindakan seperti itu layak mendapat apresiasi dan dijadikan contoh bagi masyarakat. Kalau memang sudah mampu, mari berbagi giliran kepada yang kurang mampu, supaya mereka juga menikmati bantuan tersebut,” katanya di Simpangempat.

Ia menjelaskan, sikap bijaksana tersebut sangatlah patut dicontoh bagi masyarakat luas, yang apabila memang ekonominya sudah mampu, maka berikanlah giliran bantuan itu kepada saudara yang masih kurang beruntung didaerah lainnya.

Sementara itu Pjs Bupati Pasbar, Hansastri didampingi Ketua TPPKK Pasbar, Lina Hansastri menyerahkan pengembalian dana BLT tersebut kepada Kepala Dinas Sosial, Yonnisal untuk selanjutnya disalurkan kepada yang lebih membutuhkan.

Ditegaskan Hansastri, pemutakhiran Data Terpadu Sosial Kesejahteraan (DTSK) harus segera dilakukan untuk meminimalisir kesalahan atau pemberian bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Informasi dari Dinas Sosial bahwa November mendatang akan dilakukan pemutakhiran data DTSK. Mudah-mudahan tindaklanjut tersebut dapat menjadi solusi, sehingga segala macam jenis bantuan sosial yang diberikan benar-benar diterima oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya.

Hansastri berharap kepada masyarakat penerima bantuan dapat memanfatakan hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Pasbar, Hansastri mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.”Mari bersama kita patuhi protokol kesehatan Covid-19 agar kita terhindar dari ancaman bahaya Covid-19 yang entah kapan akan berakhirnya,” imbaunya. (rom)