18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bappeda Padang : Ada 9 Agenda Prioritas Pembangunan di 2021

PADANG, KP – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang menyampaikan ada 9 agenda prioritas pembangunan Kota Padang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021.

Kesembilan agenda tersebut sekaligus menjawab dampak yang diakibatkan dari pandemi Covid-19. Dimana bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial untuk mewujudkan Kota Padang sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata sesuai dengan visi misi Kota Padang 2019-2024.

“RKP 2021 tersebut mencakup sembilan agenda prioritas daerah yang kita selaraskan dengan agenda prioritas pembangunan baik provinsi dan pusat,” sebut Kepala Bappeda Kota Padang, Medi Iswandi di Padang, kemarin.

Ia menyebutkan, sembilan agenda tersebut yakni meningkatkan kualitas pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat.

Lalu, peningkatan dan penataan infrastruktur/sarana prasarana perkotaan serta transportasi kota berbasis ramah lingkungan, peningkatan penataan ruang dan pembangunan kawasan permukiman yang ramah lingkungan.

Pembangunan ekonomi inklusif berbasis ekonomi kerakyatan dan pengembangan ekonomi kreatif, peningkatan sarana prasarana perdagangan dan penguatan kemitraan dalam perdagangan.

Kemudian pengembangan industri pariwisata berbasis potensi sumber daya dan kemitraan.

Selain itu juga optimalisasi mitigasi bencana berbasis komunitas cerdas bencana, peningkatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan iklim investasi serta kemudahan berusaha.

Dikatakan, penyelarasan rencana pembangunan antara kota, provinsi dan pusat harus dilakukan karena sebagai negara kesatuan. “Sembilan RKPD tersebut tentunya juga selaras dengan program unggulan Kota Padang sebanyak 11 progul 2019-2024,” tambahnya. (nda)