18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Gusmal Resmikan Pemakaian Masjid Baabul Jannah Koto Gadang Guguak

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, Jumat (23/10), meresmikan Masjid ke-324 di Kabupaten Solok, yakni Masjid Baabul Jannah di Balai Dama, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada acara tersebut, Kakamenag Kabupaten Solok H. Alizar, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Camat Gunung Talang Misran, Wali Nagari Koto Gadang Guguak Charles Camra, Ketua TP PKK kab Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Asisten Ekbangkesra Medison, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Kabag Humas Syofiar Syam, Kabag kesra, Unsur Forkopimcam Gunung Talang, Wali Nagari se-Kecamatan Guntal serta undangan lainya.

Ketua panitia pelaksana, Fadly Novebriko menyebutkan, keberadaan masjid itu sangat dibutuhkan masyarakat sebab di Jorong Balai Dama belum ada masjid. Kemudian sudah ada surat izin melalui SK Bupati Solok, maka yang sebelumnya musala dialih fungsikan menjadi masjid. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan kita bersama dalam rangka memakmurkan rumah Allah SWT ini,” sebutnya.

“Terima kasih juga kami sampaikan atas bantuan 1000 bibit ikan dari Dinas Perikanan yang akan dilepaskan di kolam di samping masjid kita ini,” tambahnya.

Untuk itu pihaknya mengajak agar bersama mendukung dan meramaikan masjid tersebut. “Ke depannya kita akan melakukan pengajian rutin khususnya tiap subuh minimal 1 kali seminggu,” tuturnya.

Sedangkan Walinagari Koto Gadang Guguak, Charles Camra juga menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat, sehingga terlaksananya acara tersebut. “Kami berharap, dengan diresmikannya masjid ini semakin menambah semangat kita dalam beribadah ke masjid,” harapnya.

Pihaknya juga berharap agar para pemuda dapat berkontribusi dalam pembangunan keagamaan.

Sementara itu Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan, pihaknya kembali teringat masa kecil dahulu, di mana ia sering salat di sana. Dikatakannya, masjid tersebut merupakan satu-satunya surau di Koto Gadang Guguak pada waktu itu. “Masjid ini berdiri di atas tanah suku supanjang dan saat ini sudah diserahkan kepada pengurus masjid. Saya ingin masjid ini dibangun baru kembali, saat ini Babbul Jannah menjadi masjid ke-3 di Koto Gadang Guguak,” terang Bupati.

Lebih lanjut dikatakannya, masjid itu saat ini sudah menjadi multifungsi, tidak hanya menjadi tempat beribadah saja tetapi sudah menjadi tempat bermusyawarah dan mufakat bagi masyarakat. “Saya berharap dengan peresmian masjid ini betul-betul dapat digunakan masyarakat untuk meningkatkan ibadah,” harapnya.

Selain itu Bupati juga akan menyumbang 4 buah tiang pada pembangunan masjid tersebut. (wan)