18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Di Tengah Pandemi, Ponpes SIH Berinovasi Produksi Sabun dan Hand Sanitizer

PAYAKUMBUH, KP – Walikota Payakumbuh diwakili staf ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Syahril, menjadi Irup pada upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Syekh Ibrahim Harun (SIH) Payakumbuh, Kamis (22/10).

Pada kesempatan itu, Syahril memberikan apresiasi terhadap santri yang mampu memproduksi hand sanitizer serta sabun cair di tempat mereka menimba ilmu tersebut. “Kita akan sampaikan kepada Dinas Pendidikan untuk memakai produksi Ponpes SIH. Tinggal lagi kesiapan ponpes untuk memacu produksi. Ini sebuah peluang usaha yang cukup mumpuni di tengah pandemi Covid-19,” kata Syahril.

Disebutkannya, Peringatan Hari Santri Nasional 2020 bagi santri Ponpes SIH bukan sekedar menggelar acara seremonial, tapi sekaligus memperkenalkan produksi santri di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren SIH, Zunizar Ibrahim didampingi Wakil Kesiswaan Junaidi Riko Putra, Jumat (23/10) menginformasikan produksi siswa yang diluncurkan pada Hari Santri Nasional. Dikatakannya, Produksi sabun dan hand sanitizer tersebut dimulai sejak dua bulan lalu. Dan hingga sekarang sudah mampu memproduksi 400 botol hand sanitizer ukuran 30 ml.

Menurut Junaidi, produksi yang ada 75 persen dipakai buat kebutuhan internal, guru dan santri. InSya Allah seluruh siswa sudah memiliki hand sanitizer dalam upaya pencegahan Covid-19.

Ke depan, Pimpinan Ponpes bersama Kakankemenag berharap agar siswa dapat meningkatkan produksi. Di mana untuk pemasaran sudah difasilitasi pihak Kantor Kemenag dan Dinas P3AP2KB Payakumbuh. Malahan, pihak P3AP2KB sudah membawa dan memperkenalkan hand sanitizer santri ke Jambore Ajang Kreatifitas Generasi Berencana Tingkat Sumbar di Padang, secara virtual pada 20-28 Oktober 2020.

Selain dihadiri seluruh santri dari seluruh ponpes, peringatan Hari Santri Nasional itu juga dihadiri Kakankemenag H. Ramza Husmen dan jajarannya, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi dan pimpinan ponpes di Payakumbuh. Upacara tersebut berlangsung sukses, tertib aman dan lancar dengan penerapan protokol kesehatan. (dst)