19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

LIGA SPANYOL, BARCELONA VS REAL MADRID

BARCELONA, KP – Pertandingan besar akan tersaji pada pekan ketujuh LaLiga Spanyol 2020-2021 antara Barcelona vs Real Madrid dalam duel El Clasico yang dihelat di Stadion Camp Nou, Sabtu malam WIB nanti (24/10). 

Duel ini akan jadi duel El Clasico ke-181 kedua tim sekaligus yang pertama untuk musim ini. Menengok rekor, keduanya nyaris berimbang di mana Real Madrid unggul tipis dengan 73 kemenangan, dan Barcelona dengan 72 kemenangan serta sisanya seri. 

Pertandingan El Clasico musim ini terasa spesial karena ini adalah El Clasico pertama Ronald Koeman sebagai pelatih di Barcelona. Meski begitu, Koeman sendiri telah ‘khatam’ menghadapi partai ini semasa ia menjadi pemain Blaugrana bertahun-tahun silam. 

Pertemuan ini juga sangat penting mengingat kedua tim menelan kekalahan pada laga terakhir mereka di Liga Spanyol.Barcelona secara mengejutkan tumbang di markas Getafe dengan skor 0-1 sementara juara bertahan Real Madrid menelan kekalahan dari Cadiz dengan skor yang sama di markas sendiri.

Beban Real Madrid tampak lebih berat karena setelah itu mereka juga menelan kekalahan dari Shakhtar Donetsk di ajang Liga Champions dengan skor 2-3. Barcelona di sisi lain berhasil bangkit dan meraih kemenangan 5-1 atas Ferencvaros di ajang yang sama.

Suasana kelam semakin membayangi kubu Real Madrid karena sejumlah pemain andalan mereka masih harus absen. Bek Dani Carvajal, penyerang Eden Hazard, dan gelandang Martin Odegaard dipastikan belum pulih dari cedera.Sedangkan Sergio Ramos dan Karim Benzema baru kembali berlatih kembali pada Kamis (22/10).

Zinedine Zidane tak memiliki skuad pelapis yang sepadan untuk menggantikan para pemainnya itu. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab Real Madrid mengalami kekalahan dari Shakhtar Donetsk.

Absennya Sergio Ramos menjadi poin penting yang harus diatasi Zidane. Tanpa sang kapten, Real Madrid terbukti memiliki rekor buruk karena lemahnya lini belakang. Media-media Spanyol menyebut ada kemungkinan Ramos bakal dipaksa bermain meskipun kondisinya belum fit benar.

Sementara di kubu Barcelona, Ronald Koeman bernasib lebih baik. Meskipun harus kehilangan Jordi Alba dan penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen, para penggantinya seperti Sergino Dest dan Neto mampu tampil apik.Apalagi Alba diprediksi akan bisa kembali bermain pada laga El Clasico kali ini. Dia telah kembali berlatih bersama skuad Barcelona sejak Kamis (22/10). Jika pun kondisi Alba diragukan, Koeman masih memiliki Dest atau Junior Firpo untuk melapisnya.

Pemain sayap Trincao juga diprediksi akan kembali diturunkan oleh Koeman pada laga kali ini. Trincao dianggap bermain apik pada laga kontra Ferencvaros. Dia kini disebut akan menjadi pilihan utama Koeman ketimbang Antoine Griezmann di sisi kanan lini serang Barcelona

Barcelona sendiri sebenarnya bukannya tanpa masalah. Penyerang terbaik mereka, Lionel Messi, hingga kini dianggap belum menemukan performa terbaiknya musim ini. Pesepakbola asal Argentina tersebut tercatat baru mencetak satu gol di Liga Spanyol dari empat laga, itu pun melalui titik putih.

Akan tetapi Koeman bisa tersenyum lega karena seretnya keran gol Messi diimbangi dengan suburnya Ansu Fati. Pemain berusia 17 tahun itu telah mengemas tiga gol di Liga Spanyol.

Selain itu para pemain Barcelona lainnya juga tampak lebih bersemangat untuk mencetak gol. Philippe Coutinho dan Sergi Roberto saja sudah mencetak masing-masing satu gol di Liga Spanyol. Di Liga Champions, lima gol Barcelona ke gawang Ferencvaros diciptakan oleh lima pemain berbeda.

Satu hal yang penting untuk dicermati dari data itu adalah Ronald Koeman sejauh ini cukup sukses menghapus ketergantungan Barcelona terhadap Lionel Messi. Pada musim-musim sebelumnya, jika Messi atau Luis Suarez yang kini berseragam Atletico Madrid tidak tampil, biasanya Barcelona akan sulit meraih kemenangan.

Satu-satunya yang bisa membuat Real Madrid sumringah adalah karena Zinedine Zidane memiliki rekor yang cukup baik saat membawa timnya bertandang ke Stadion Camp Nou. Dari lima lawatan saat ditukangi Zidane, Real Madrid mampu mencuri dua kemenangan dari Barcelona dan tak pernah kalah, tiga laga lainnya berakhir imbang.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Barcelona: Neto; Roberto, Pique, Lenglet, Dest; De Jong, Busquets; Fati, Coutinho, Trincao; Messi

Real Madrid: Courtois; Nacho, Varane, Ramos, Mendy; Kroos, Casemiro, Modric; Vinicius, Benzema, Asensio. (ak/*)

STATISTIK MENARIK

Barcelona belum pernah kalah di kandang pada LaLiga musim ini. Madrid pun belum pernah kalah dalam laga tandang di LaLiga musim ini.

HEAD TO HEAD

02-03-2020 (Liga Spanyol)

Real Madrid 2-0 Barcelona

19-12-2019 (Liga Spanyol) 

Barcelona 0-0 Real Madrid

03-03-2019 (Liga Spanyol) 

Real Madrid 0-1 Barcelona

28-02-2019 (Copa del Rey) 

Real Madrid 0-3 Barcelona

07-02-2019 (Copa del Rey)

Real Madrid 1-1 Barcelona