14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengadilan Negeri Pasbar Terapkan Protokol Covid-19 Kepada Petugas dan Pengunjung

SIMPANGEMPAT, KP – Pengunjung Pengadilan Negeri (PN) Pasaman Barat diimbau untuk menerapkan protokol Covid-19 dengan menjaga jarak sebagai upaya mencegah penularan virus corona di lingkungan Pengadilan. “Jaga jarak antara orang perorang, jangan berkerumun, seperti imbauan pemerintah,” kata Humas Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Warman Priatno ketika dikonfirmasi Koran Padang di Simpang Empat, Jumat (23/10).

Warman menambahkan, dalam hal pelaksanaan persidangan sekalipun sudah jelas diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang administrasi dan Persidangan Perkara Pidana secara Elektronik. “Penundaan sidang berlaku untuk perkara perdata maupun pidana, namun tidak semua perkara bisa ditunda sidangnya. Perkara yang tidak bisa ditunda seperti masa tahanannya sudah mau berakhir atau bukti yang harus dihadirkan pada hari persidangan,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk memasuki lingkungan PN sendiri, wajib memakai masker tidak terkecuali para penegak hukum sekalipun. Pihaknya juga telah memasang imbauan untuk wajib memakai masker di lingkungan kantor PN serta telah menyediakan cairan disinfektan di pintu masuk. “Begitu juga dengan petugas pengadilan wajib menggunakan masker sebagai alat pelindung diri saat berinteraksi dengan pengunjung pengadilan,” paparnya.

Lebih lanjut disebutkannya, PN Pasaman Barat juga memberlakukan pengukuran suhu tubuh kepada pegawai dan pengunjung pengadilan yang hendak masuk sebagai salah satu langkah antisipasi. “Setiap pegawai yang merasa kurang enak badan, kami sarankan untuk beristirahat dan kembali aktif masuk kantor apabila telah fit,” pungkasnya mengakhiri. (rom)