19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ikan Larangan Sungai Sariak Dibuka

PARITMALINTANG, KP – Ikan larangan di perairan umum di seluruh Kenagarian VII Koto Sungai Sariak, resmi dibuka pada Jumat (23/10). Pembukaan ikan larangan tersebut disertai jamuan makan bersama tokoh masyarakat dan adat dengan mengundang Babinsa dan Bhabinkamtibmas di setiap Nagari Sungai Sariak.

Ketua KAN Nagari Sungai Sariak, Awaludin Datuak Rangkayo Pandak mengatakan, ikan larangan tersebut dibuka sekali 2 tahun bertepatan dengan bulan Maulud nabi (rabiul awal). “Kegiatan buka ikan larangan ini diawali prosesi adat dengan jamuan seluruh ninik mamak, alim ulama cadiak pandai se-Nagari Sungai Sariak disertai Kapalo mudo nan barampek. Serta labai nan barampek juga dihadapkan Bundo kandung, cadiak pandai se-Nagari Sungai Sariak,” ujar nya.

Senada dengan itu, Penghulu Tanjung Sungai Sariak Anton Wira Tanjung Dt Panji Alam yang merupakan Kabag Humas dan Protoker Padangpariaman mengatakan, budaya itu telah berlangsung lama dimulai oleh syekh Tuanku saliah. “Nantinya seluruh masyarakat dapat memancing ikan selama 3 bulan tanpa dipungut biaya, tapi masyarakat dapat menyumbangkan dana untuk pembangunan Masjid Tuo Sungai Sariak, yaitu Masjid Raya Lubuk Bareh,” ungkapnya. (war)