20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Mulai Hari ini, Satlantas Polres Pasbar Gelar Operasi Zebra

SIMPANGEMPAT, KP – Menjelang giat Operasi Zebra yang akan digelar mulai dari 26 Oktober hingga 08 November tahun 2020, Satlantas Polres Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mengimbau seluruh warga masyarakat agar dapat melengkapi surat-surat kendaraan dan mematuhi aturan berlalulintas saat berkendara.

Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kasatlantas Polres Pasbar, AKP. Asep Wahyudi kepada KORAN PADANG, Sabtu (24/10) di Simpangempat mengatakan, Satlantas Polres Pasbar mengimbau masyarakat, khususnya bagi pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraan dan mematuhi peraturan lalulintas saat mengendarai kendaraan, terutama saat digelarnya Operasi Zebra Pasbar yang akan dimulai pada 26 Oktober hingga 8 November 2020 ini.

“Kita minta kepada para pengendara agar melengkapi surat menyurat kendaraan saat bepergian. Kemudian, kita juga mengimbau agar masyarakat dapat berlalulintas dengan baik dan tertib serta mamatuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada,”ujarnya.

Asep Wahyudi juga menegaskan, selama operasi zebra yang akan digelar selama 14 hari serentak diseluruh indonesia tersebut, pihaknya akan menindak pengendara yang tidak melengkapi surat menyurat kendaran dan tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas berupa sanksi tilang.

“Kita akan memberikan sanksi bagi pengendara yang melanggar aturan, baik itu kendaraan pribadi, angkutan umum, maupun kendaraan yang mengangkut barang bertonase melebihi kapasitas,” imbuhnya.

Ditambahkan, adapun pelanggaran yang diprioritaskan dalam Razia Zebra 2020 ini yaitu, tidak menggunakan helm, melawan arus, over dimensi, knalpot racing/blong, kelebihan muatan, tidak menggunakan sabuk pengaman, berbonceng tiga, menggunakan handphone (HP) saat berkendara, melebihi batas kecepatan,berkendara dibawah umur, serta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

“Mari patuhi peraturan lalulintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan, serta mendisiplinkan kebiasaan baru dengan mematuhi protokol Covid-19,”ucap Asep Wahyudi.

Kasat Lantas Polres Pasbar itu juga mengharapkan, semoga melalui Operasi Zebra tahun 2020 ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di wilayah hukum Polres Pasbar.

“Mari kita sama sama peduli akan keselamatan dan jadikan keselamatan berlalulintas sebagai kebutuhan, stop pelanggaran, stop kecelakaan, demi tercapainya keselamatan untuk kemanusiaan,”harapnya. (rom)