PemkoPadang Naikan Gaji Pegawai Non-ASN pada 2021

PADANG, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Padang bakal menaikkan gaji pegawai pemkonon-ASN pada 2021 karena kondisi saat ini posisinya masih di bawah upah minimum regional.

“Dalam beberapa tahun terakhir posisi gaji pegawai non-ASN masih di bawah UMR dan kabar gembiranya pada 2021 dinaikan agar sesuai dengan UMR,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Medi Iswandi, Jumat (23/10).

Menurut dia pada 2020 UMR sudah mencapai Rp2,4 juta sementara gaji tertinggi pegawai non-ASN terendah Rp950 ribu dan tertinggi Rp2,2 juta.

“Jadi semuanya masih dibawah UMR, dan yang Rp2,2 juta itu adalah mereka yang masa kerja sudah lama sekali atau pendidikan terakhir S2 , tetapi 80 persen gajinya kisaran Rp950 ribu hingga Rp1,50 juta,” kata dia.

Medi menyampaikan kenaikan gaji tersebut sesuai dengan UMR karena jika tidak akan masuk 4,46 persen masyarakat miskin di Padang.Garis kemiskinan di Padang saat ini adalah mereka yang memiliki pengeluaran Rp560 ribu per orang per bulan.

Ia menguraikan jika seorang pegawai non ASN hidup dengan istri dan satu anak dengan gaji Rp950 ribu maka dibagi tiga pengeluarannya kurang dari Rp560 ribu. Menurutnya, penaikan gaji pegawai non-ASN merupakan kebijakan Wali Kota Padang dan permintaan dari DPRD agar gaji pegawai non-ASN dinaikkan.

“Jadi kalau gaji ASN tidak naik, minimal gaji pegawai non-ASN dinaikkan agar tidak masuk dalam kelompok masyarakat dengan kategori miskin,” kata dia. (ant)

Next Post

Sanggar Seni Baringin Sakti ‘Hoyak’ Panggung Medan Nan Bapaneh

Ming Okt 25 , 2020
PADANG, KP – Group Kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti, Kinari, Kabupaten Solok ambil bagian dalam pertunjukan ke-25 Pagelaran Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020, Sabtu malam (24/10), di Panggung Medan Nan Bapaneh KAN Kuranji, Padang. Meski di tengah guyuran hujan, group kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti tetap semangat […]