18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Semua Kantor Camat dan Lurah Sudah terpasang Internet Gratis, Warga Bebas Mengakses

PADANG, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah memfasilitasi seluruh kantor camat dan kantor kelurahan di Kota Padang dengan jaringan internet. Masyarakat pun dapat mengaksesnya dengan bebas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Rudy Rinaldy menyebutpemasangan fasilitas internet ini merupakan bentuk respons Pemko Padang terhadap para pelajar yang mengeluhkan sulitnya belajar daring di masa pandemi Covid-19.

Saat ini seluruh kantor camat di Padang sudah difasilitasi jaringan internet melalui Dinas Kominfo. Termasuk 50 kantor lurah yang ada. Semua masyarakat bisa langsung datang ke kantor kecamatan dan kelurahan dan akan diberikan password oleh pihak kecamatan atau kelurahan.

“Siapa saja bebas mengakses internet di kantor camat dan kantor lurah. Kita berharap camat dan lurah untuk memfasilitasi warga yang ingin memanfaatkan internet dengan memberikan akses kata sandi (paasword) serta penyediaan tempat bagi warga tersebut,” katanya dikutip dari Padangkita.com, Minggu (25/10).

Ditambahkan Rudi, pemasangan fasilitas internet ini juga didasarkan pada Surat Edaran Wali Kota Padang No. 050.335/Diskominfo/2020 tentang Optimalisasi Pemanfaatan Jaringan Internet dan Wifi pada Kantor Camat dan Lurah.

Dalam surat edaran itu, Walikota Padang juga menekankan perlunya keterlibatan RW dan RT dalam menyosialisasikan pemanfaatan jaringan internet tersebut kepada seluruh warga.

“Apalagi pada umumnya kantor-kantor itu berada di kawasan permukiman padat penduduk. Maka sangat tepat dan akan mudah diakses warga. Bagi kelurahan yang memiliki aset wisata dan merupakan daerah destinasi wisata agar menjadikan kantor lurah sebagai pusat informasi wisata lokal dengan memanfaatkan wifi yang tersedia,” kata Rudy. (pkt)