19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

MASUKI TRIWULAN IV TAHUN ANGGARAN 2020, Perangkat Daerah Diminta Percepat Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Daerah

BATUSANGKAR, KP – Menjelang berakhirnya triwulan III dan memasuki triwulan IV tahun anggaran 2020, Pjs Bupati Tanahdatar Erman Rahman meminta perangkat daerah mempercepat pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah, baik fisik maupun non fisik.

Hal itu dikemukakan Erman Rahman ketika Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Pembangunan secara virtual, Senin (26/10) kemarin. Rapat virtual yang diikuti Sekda Irwandi, dimoderatori Asisten Ekobang Edi Susanto di Aula Eksekutif dan diikuti para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kabag lingkup Sekretariat Daerah sementara Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Tanahdatar itu, mengikuti via zoom meeting di kantor masing-masing.

“Mengingat saat ini kita sudah berada pada awal triwulan IV tahun anggaran 2020, maka dibutuhkan kerja keras seluruh perangkat daerah untuk percepatan pelaksanaan kegiatan fisik maupun non fisik terutama pada kegiatan strategis,” tegasnya.

Erman menyampaikan, realisasi belanja hingga akhir September 2020 dengan rincian belanja (tidak langsung dan belanja langsung) realisasi fisik 64,52 persen dan keuangan 52,76 persen (Rp 705.428.630.750). Realisasi belanja langsung fisik 66,96 persen dan keuangan 44,92 persen (Rp 1.855.828.396.699). Belanja modal realisasi fisik 33,91 persen dan keuangan 29,61 persen (Rp.33.897.613.577) serta realisasi DAK fisik 67,04 persen dan keuangan 42,85 persen (Rp 22.462.766.099).

“Secara umum, capaian realisasi keuangan terjadi penurunan jumlah dibandingkan tahun sebelumnya di bulan yang sama. Hal ini merupakan salah satu dampak banyaknya kegiatan yang tidak dilaksanakan bahkan dihapus akibat wabah Covid-19. Oleh sebab itu, dengan anggaran tersisa strategi kebijakan pembangunan harus mampu memilih jenis infrastruktur untuk pemulihan ekonomi terlebih dahulu,” tambahnya.

Erman mengharapkan, pelaksanaan seluruh program kegiatan harus diselesaikan tepat waktu. Untuk itu diwajibkan kepada Kepala OPD melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi serta melaporkan kegiatan secara periodik. Erman juga mengingatkan, dalam rangka administrasi pelaksanaan penatausahaan pertanggungjawaban keuangan APBD TA 2020 kepada OPD segera mempedomani Surat Edaran BKD nomor 900/1136/BUD-BKD 2020 tentang langkah-langkah menghadapi akhir tahun anggaran 2020. Serta menyikapi cuti bersama di bulan Oktober dan Desember mendatang.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah Irwandi, kepada seluruh OPD untuk segera selesaikan kegiatan sesuai target dan realisasi serta dilaporkan. Apabila ada kendala akan segera diambil langkah-langkah strategis untuk dicarikan solusi terbaiknya. Pada kesempatan tersebut, Sekda Irwandi juga mendengarkan laporan realisasi kegiatan dari masing-masing OPD dan mengevaluasi kegiatan tersebut. “Bagi perangkat daerah yang masih rendah realisasinya agar dipercepat sehingga tidak ada kesan penumpukan belanja di akhir tahun dengan tetap memperhatikan realisasi pendapatan secara realistis,” pungkasnya. (nas)