21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pasbar Mulai Lirik Cabor Balap Motor

PADANG, KP – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai melirik cabang olahraga (cabor) balap motor untuk mengharumkan nama daerah. Komitmen tersebut, dibuktikan dengan hadirnya Yenidho Racing School (YRS) yang siap melahirkan pembalap-pembalap berkualitas.

YRS sendiri merupakan sekolah balap yang tengah membina 12 putra Pasbar, dan akan diproyeksikan berlaga pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2021.

“Sebanyak 12 pembalap ini, sedang ditempa untuk ajang Porprov, dan berkoordinasi dengan KONI Pasbar. Diharapkan proses pembinaan berjalan dengan optimal,” ujr Donal Alfian pendiri Yenidho Racing School, saat ditemui KORAN PADANG, kemarin di Padang.

Dia mengatakan, selama ini belum ada pembalap asal Pasbar yang mampu bicara banyak pada iven daerah bahkan nasional, kondisi tersebut sangat memprihatinkan, para pengurus cabor balap motor Pasbar harus memberikan gebrakan agar potensi pembalap bisa tersalurkan.

Upaya untuk memajukan cabor balap motor, juga disambut baik oleh salah satu politisi senior PAN Muzli M Nur, dia mengungkapkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui olahraga merupakan hal strategis untuk kemajuan Pasbar. Setidaknya para generasi muda terhindar dari hal-hal negatif, pemerintah kabupaten harus melirik sektor ini.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Pasbar Fraksi Gerindra, Rahmi yang juga menjabat sebagai bendahara di Koodinator Wilayah IMI Pasaman dan Pengurus IMI Sumbar mengatakan, terakhir Pasaman meraih medali perak pada cabor balap motor di Porprov Sumbar tahun 2016 lalu.

“Untuk pembinaan calon atlet Porprov, kita melakukan latihan di lokasi GOR Tuanku RAO dan Terminal Pasar Benteng, setiap Sabtu dan Minggu,” katanya.

Dia menambahkan, ke depan akan muncul pembalap profesional yang memiliki potensi dan karakter, bahkan kalau bisa bertarung di iven internasional.(fai)