18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Baznas Kota Pariaman Salurkan Rp736 Juta Beasiswa

PARIAMAN, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman distribusikan Rp736 juta beasiswa untuk 137 mahasiswa di lima perguruan tinggi swasta dan negeri.

Ketua Baznas Kota Pariaman, Jamohor menyebutkan, beasiswa itu diperuntukkan pada Maba (mahasiswa didik baru) sebanyak 60 orang dan lainnya untuk mahasiswa yang perkuliahannya telah berjalan selama III semester. Beasiswa ini masuk dalam program Saga Saja Pemko Pariaman.

“Untuk mahasiswa baru semester pertama kita bantu sebanyak Rp9 juta/orang, dan ada juga yang menerima Rp2 juta, tergantung kampus atau tempat mahasiswa berkuliah,” ulasnya disela-sela penyerahan beasiswa, Selasa lalu di Aula Balaikota Pariaman.

Ia melanjutkan, Program beasiswa Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana) PemkoPariaman dapat di cover oleh Baznas hingga semester tiga, kemudian kelanjutannya dibantu oleh APBD Pemerintah Daerah.

“Bantuan beasiswa ini selalu kita pantau melalui Dinas Pendidikan, dan alhamdulillah seluruh mahasiwa yang menerima beasiwa dari Baz, semua nilai perkuliahannya baik,” pungkas Jamohor

Upaya ini merupakan, untuk mencegah kemiskinan dalam keluarga. “Jika kita melihat kemiskinan dalam keluarga itu ada yang mencapai 10 hingga 20 tahun. Melalui program Saga Saja inilah dapat merobah nasib keluarga mereka,” ulasnya.

Ia menambahkan, minimal setiap tahunnya Baznas membantu beasiswa untuk mahasiswa reguler itu sebanyak 300 orang. “Baznas juga memiliki mahasiswa binaan yang diluar negeri dan luar daerah. Insya Allah kita selalu merespon setiap kebutuhan mahasiswa ini, tentunya yang sesuai dengan Hasnaf yang delapan. Terutama yang miskin dan pantas untuk dibantu,” tutup Jamohor. (war)