28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Yusuf Lubis Canangkan Zona Integritas WBK WBBM di DPMPTSP Pasaman

LUBUKSIKAPING, KP – Bupati Pasaman Yusuf Lubis, mencanangkan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat, di Balerong Pusako Anak Nagari Lubuk Sikaping, Selasa (27/10).

Pencanangan zona integritas WBK dan WBBM di lingkungan DPMPTSP Pasaman itu dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi perizinan dengan Online Single Submission (OSS) oleh Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Pasaman. Turut hadir dalam acara tersebut 120 undangan yang mengikuti baik secara langsung maupun secara virtual dan dihadiri Anggota Forkopimda Pasaman dan Kepala SKPD se-Kabupaten Pasaman.

Bupati Yusuf Lubis mengatakan, pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan tindak lanjut dari instruksi presiden nomor 2 tahun 2014 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Serta Peraturan Menteri Pan dan RB Nomor 10 tahun 2019 tentang pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan instansi pemerintah. 

“Pencanangan pembangunan zona integritas ini sebagai syarat mutlak dalam mewujudkan reformasi birokrasi agar kita bisa melaksanakan pembangunan dengan baik. Saya ingin agar DPMPTSP bisa menjadi contoh bagi seluruh dinas (SKPD) lainnya,” harapnya.

Sejauh ini kata Bupati, baru satu SKPD yaitu DPMPTSP unit kerja di Kabupaten Pasaman yang sudah melakukan deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. “Untuk itu, demi percepatan pembangunan zona integritas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman, kami minta agar pencanangan ini diikuti seluruh SKPD serta Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman,” katanya.

Kemudian ia juga meminta agar Kajari dan Kapolres bisa ikut melakukan pendampingan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan zona integritas di Kabupaten Pasaman. “Khususnya pada DPMPTSP yang sudah mencanangkan hari ini tidak hanya mengawasi. Namun turut mengawal dan menegakkan agar terlaksananya zona integritas ini,” katanya. 

Dengan pencanangan tersebut, Bupati Yusuf Lubis meminta DPMPTSP sebagai dinas yang mengurusi perizinan beserta SKPD teknis terkait, secara bersama-sama membangun integritas pelayanan perizininan yang terintegrasi secara professional, tepat waktu dan tepat prosedur sesuai standar operasional prosedur masing-masing. “Setiap proses perizinan di Kabupaten Pasaman dilaksanakan dengan suasana pelayanan yang bersih dan terbebas dari tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” tutupnya. (nst)