19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

MELALUI ‘ONE VILLAGE ONE PRODUCT’, Pemerintah Kecamatan Sangir Balai Janggo Terus Lakukan Pembinaan di Nagari

PADANGARO, KP – Pemerintah Kecamatan Sangir Balai Jango (SBJ) terus melakukan pembinaan terhadap empat kenagarian di daerahnya, agar terus berkreasi dan berinovasi melalui One Village One Product. Hal itu dalam kebangkitan ekonomi kreatif dan terus menciptakan menu makanan yang nantinya mampu meningkatkan perekonomian pengrajin makanan ringan di setiap nagari.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena harapan one village one product sudah terealisasi. Karena masing-masing nagari di Kecamatan Sangir Balai Janggo sudah punya produk unggulan, ini kebanggaan kita,” ujar Camat Sangir Balai Janggo, Muslim, Selasa (27/10).

Dijelaskannya, satu nagari satu produk unggulan itu sudah terlihat melalui lomba cipta menu dari bahan Jamur Kelapa Sawit di Nagari Talao. Produk tersebut mesti harus dipertahankan rasa dan kualitasnya, sehingga terjamin mutu makanan ringan yang diproduksi pengrajin di setiap nagari. Baik dari Nagari Sungai Kunyit, Sungai Kunyit Barat, Talunan Maju dan Talao. “Kita harap rasa dan kualitas produk unggulan daerah ini terjaga dengan baik. Ini mesti menjadi perhatian,” imbuhnya.

Dikatakan Muslim, one village one product sudah ada di empat Kenagarian di Kecamatannya. Akan tetapi One Product One Destination yang harus dipikirkan oleh Nagari Talao, sebagai wadah destinasi wisata unggulan di setiap nagari. “Semua nagari di Sangir Balai Janggo masing-masing harus punya satu objek wisata,” pintanya.

Sementara Pj Wali Nagari Talao, Purwanto mengatakan, produk unggulan makanan ringan dari jamur kelapa sawit sudah diciptakan atas kreasi masyarakat, namun sesuai penyampaian dan harapan Camat Sangir Balai Janggo harus punya satu nagari satu destinasi wisata. “Nagari Talao memiliki objek Air Terjun Suir dan Sungai Jujuan yang berpotensi untuk Arung Jeram dan lubuk ikan larangan,” bebernya. (bus)