BUMD, Berkembanglah!

SIAPAPUN tokoh yang menangdalam pilkada nanti kita harapkan mampu ‘mambangkik batang tarandam’, memajukan Badan Usaha Milik Daerah(BUMD). Sebab, dari sekian banyak BUMD di Sumbar yang membanggakan baru hanya Bank Nagari.

Pantas rasanya setiap masing-masing calon Gubernur Sumbar punya program memajukan perusahaan daerah yang megap-megap atau mati suri. Seperti nasib pabrik es Sari Petojo, bengkel Dinamika, hingga percetakan daerah. Sungguh memiriskan.

Disaat perbengkelan rakyat semakin berkembang, Bengkel Dinamika yang dikelola pemerintah justru nelangsa. Disaat ibu rumah tangga memproduksi es dengan kulkas sederhana, pabrik es Saripetojo justru tenggelam dalam diam. Disaat percetakan rakyat menjamur di berbagai daerah, percetakan daerah malah bernasib sendu. Ibo ati awakmamikiakan.

Bagaimanapun juga, kita sangat berharap semua bisnis yang dikelola pemprov maju dan sejahtera. Untuk itu, gubernur dan wakil gubernur terpilih nantinya perlu ‘mambangkik batang tarandam’ tersebut.

Kenapa pemimpin daerah kita dulunya mampu menghadirkan SPBU hebat di Padang Baru?Saripetojo di Alanglaweh? Dinamika di Pondok? Grafika di Ujunggurun? Padahal belum maju seperti sekarang daerah ini dulunya, tapi perusahaan daerahnya mampu berkiprah berkembang membanggakan.

Kita maklum, empat pasang calon Gubernur Sumbar yang tengah berusaha merebut suara rakyat, semuanya hebat dan berkualitas. Namun, yang jadi nomor satu nantinya tentu hanya satu pasang saja.  Siapapun yang jadi gubernur nanti, tanggungjawab kita bersama mendukungnya untuk memajukan daerah ini. Apa yang diusahakan berhasil, yang ditanam tumbuh subur, rezeki murah, galeh balabo. Saciok bak ayam, sadanciang bak basi, ka bukik samo mandaki, ka lurah samo manurun.

Tiada benci dan dendam sesama kita. Biduk lalu kiambang bertaut. Jika itu kita maknai positif, percayalah, Sumbar berkemajuan pasti bisa terwujud. Bersama kita bisa. Padi manjadi jaguang maupiah. Anak kamanakan saiyo-sakato. Pertanda negeri aman sentosa. Jangan lupa berzakat, pertanda rakyat tidak melarat. *

Next Post

Kapolda Sumbar Temui Peserta Aksi Tolak Omnibus Law

Kam Okt 8 , 2020
PADANG, KP – Aksi demo menolak Omnibus Law UU Cipta […]