Cuaca Ekstrim, Pohon Pelindung Berpotensi Tumbang Dipangkas

PAYAKUMBUH, KP-Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta.

Upaya itu bentuk langkah Pemko Payakumbuh dalam mencegah adanya pohon tumbang dan patah akibat angin kencang. Pasalnya, saat ini cuaca ekstrim memasuki musim penghujan, sehingga perlu dilakukan penataan pada pohon-pohon yang berpotensi tumbang maupun merusak ke fasilitas umum (fasum).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi kepada wartawan di Payakumbuh, Senin (26/10) mengatakan, pemangkasan rutin juga dilakukan selain memenuhi permohonan masyarakat, pohon yang sudah tinggi dan mengganggu instalasi listrik, maka sesuai koordinasi dengan PLN dilakukan juga penataan.

“Untuk kayu hasil penebangan, sesuai Perwako, ada regulasi bagaimana keinginan wali kota agar kayu ini bisa dilelang atau dijadikan mobiler. Saat ini kita stok dulu kayunya untuk proses selanjutnya,” kata Dafrul.

Sementara itu, Ina, warga Koto Nan 4 menyampaikan apresiasi kepada langkah Pemko ini, menurutnya sangat bagus. Dirinya berharap jangan sampai nanti saat hujan dan angin kencang terjadi ada rumah warga yang ditimpa pohon, apalagi kalau sempat pohon menimpa pengendara.

“Semoga nanti pohon-pohon lainnya segera ditangani, petugasnya juga bekerja cepat dan bersih, kami selaku warga menyampaikan apresiasi,” ungkapnya. (dst)

Next Post

Pasbar Mulai Lirik Cabor Balap Motor

Sen Okt 26 , 2020
PADANG, KP – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai melirik cabang olahraga (cabor) balap motor untuk mengharumkan nama daerah. Komitmen tersebut, dibuktikan dengan hadirnya Yenidho Racing School (YRS) yang siap melahirkan pembalap-pembalap berkualitas. YRS sendiri merupakan sekolah balap yang tengah membina 12 putra Pasbar, dan akan diproyeksikan berlaga pada ajang Pekan […]