Dinas Pangan dan Pertanian Lakukan Vaksinasi Rabies Gratis

PADANGPANJANG, KP – Pemerintah Kota Padangpanjang melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padangpanjang memberikan vaksinasi rabies secara gratis bagi masyarakat Kota Padangpanjang yang memelihara hewan kesayangan.

Vaksinasi rabies ini merupakan salah satu tindakan pencegahan terhadap hewan peliharaan yang bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan melindungi hewan peliharaan terhadap beberapa penyakit tertentu terutama penyakit Rabies, rabies ini efeknya bisa berakibat fatal dan bisa mengakibatkan kematian. Berkaca dengan hal tersebut, maka sangat perlu kiranya dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan yang kita miliki.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padangpanjang, Ade Nefrita Anassaat dimintai keterangan mengatakan pihaknya bekerjasama dengan UPTD Puskeswan Kota Padangpanjang telah melakukan beberapa langkah – langkah dalam melakukan vaksinasi rabies ini, diantaranya yaitu melakukan vaksinasi terhadap hewan kesayangan yang dibawa masyarakat ke klinik hewan yang ada di UPTD Puskeswan Kota Padangpanjang.

Disamping itu, pihaknya juga telah turun ke kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Padangpanjang dengan membentuk posko-posko untuk menvaksinasi hewan kesayangan masyarakat.

“Kami juga mengunjungi rumah-rumah masyarakat yang memelihara hewan kesayangan untuk di vaksinasi Rabies,”ungkap Ade saat ditemui di Padangpanjang, Rabu (28/10).

Adapun sasaran dari pelaksanaan vaksniasi ini, kata Ade adalah masyarakat Kota Padangpanjang yang memelihara hewan kesayangan berupa anjing, kucing dan kera. “Vaksinasi massal Rabies ini diberikan secara cuma-cuma (gratis) kepada masyarakat Kota Padang Panjang,”jelasnya.

Dalam program yang dibuat oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padangpanjang untuk tahun 2020 ini, dimana vaksinasi Rabies ditargetkan sebanyak 1500 ekor Hewan Penular Rabies (HPR), sampai saat ini baru tercapai sekitar 1000 ekor HPR.

“Karena pada saat ini (bulan Oktober sampai November 2020) sedang berlangsung vaksinasi Rabies di Kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang Insya Allah target 1500 ini akan kami usahakan dapat tercapai, “katanya.

Pencegahan penyakit rabies sendiri dapat dilakukan dengan menghindari kontaminasi air liur hewan liar, melakukan vaksinasi rabies pada anjing, kucing dan kera. Hindari hewan yang tidak jelas riwayat vaksin rabiesnya atau hewan liar. Tidak semua hewan yang terinfeksi virus ini seperti anjing gila. (rel/kom)

Next Post

Lontong Daun Ni NurTetap Eksis di Tengah Krisis

Jum Okt 30 , 2020
PARIAMAN, KP – Kota Pariaman tidak hanya dikenal dengan budaya tabuiknya saja, namun daerah yang terletak dipinggir pantai ini juga memiliki aneka ragam jajanan dan kuliner yang dapat dinikmati sesuai selera. Para pedagang jajanan dan kuliner dapat dijumpai dimanapun, tergantung selera tempat mana yang disukai, disudut pasar, warung atau di […]