DINILAI CAKAP MEMIMPIN SUMBAR, Ninik Mamak Tigo Nagari Siap Menangkan NA-IC

LUBUKSIKAPING, KP – Ninik Mamak Malampah, Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, siap menangkan pasangan Calon Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan Indra Catri (NA-IC). Pernyataan sikap tersebut disampaikan ninik mamak Malampah di Kampuang Tabek Jorong Pasa Panjang, Nagari Ladang Panjang, Selasa (27/10) sore.

Para Niniak mamak itu siap turun ke rumah anak kemenakan mereka untuk mensosialisasikan pasangan Nasrul Abit-Indra Catri. Ninik mamak Malampah memandang, pasangan Nasrul Abit dan Indra Catri cakap dalam memimpin Sumbar untuk lima tahun ke depan. Selaku ninik mamak Malampah, Siyur Datuk Basa meyakini program yang ditawarkan pasangan duo Datuak itu sangat dekat dan dibutuhkan masyarakat seluruh Sumbar, yaitu percepatan pembangunan Sumbar berbasis Nagari.

“Program percepatan pembangunan nagari itu yang kami harapkan. Aset nagari kami sangat besar dan saat ini belum tersentuh untuk kesejahteraan kaum anak kemenakan kami. Bapak Nasrul Abit dan Indra Catri memberikan kebutuhan kami. Itu sebabnya kami mendukung seratus persen pasangan ini,” ungkap Siyur Datuk Basa.

“Selama masa Pilkada, sejak dulunya belum satupun kandidat Gubernur maupun Wakil Gubernur yang datang ke Tigo Nagari. Namun kali ini Bapak Indra Catri datang secara langsung melihat kami di sini. Kami tidak butuh uang bapak, yang kami butuhkan adalah peningkatan perekonomian masyarakat setelah bapak menjabat nanti. Agar bisa meningkatkan kesejahteraan,” ungkap Niniak mamak lainnya, Saherman Dt. Nan Sati.

Dalam kesempatan tersebut Saherman Dt. Nan Sati menyampaikan, saat ini Kecamatan Tigo Nagari membutuhkan sentuhan langsung di tiga sektor, yaitu Pertanian (Sawit), Pendidikan dan Pasar. “Saat ini di Kecamatan Tigo Nagari memiliki sekitar 3.000 Hektare Sawit. Kami sangat membutuhkan adanya pabrik sawit untuk pengolahan sawit masyarakat tersebut agar lebih bernilai sawitnya,” katanya.

Kemudian kata dia, dengan lulusan tiga SMP saat ini tidak lagi mampu ditampung satu SMA 1 Tigo Nagari. Siswa terpaksa mengekos ke Lubuk Sikaping untuk sekolah. “Ini jelas memberatkan orang tua dalam menyekolahkan anak kami. Maka dari itu kami meminta nantinya setelah Bapak menjabat agar bisa dibangun satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tigo Nagari ini,” harapnya.

Sementara Juru Kampanye yang juga anggota DPRD Pasaman dari Fraksi Partai Gerindra, Martias Koto mengatakan perlunya pembangunan pasar Binjai di Kecamatan Tigo Nagari. “Sejak zaman Belanda dulunya pasar itu sudah ada. Namun beberapa tahun terakhir tidak aktif lagi. Kami minta nantinya kepada Bapak Indra Catri agar bisa membangun kembali pasar tersebut. Supaya roda perekonomian masyarakat bisa hidup kembali,” katanya.

Kemudian Martias juga meminta dukungan dan mencoblos pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nasrul Abit-Indra Catri nomor urut 2 di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. “Mari bersama-sama kita menangkan Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri khususnya di Tigo Nagari ini. Kalau bisa, kita raih kemenangan 70 persen di Kecamatan Tigo Nagari ini,” terangnya.

Sedangkan Indra Catri yang sudah dua periode menjadi Bupati Agam mengucapkan terima kasih kepada ninik mamak dan tokoh-tokoh Malampah, khususnya se-Kecamatan Tigo Nagari. “Kami akan membangun Pasaman lebih baik lagi dan mohon doa serta dukungannya. Insya Allah kalau diberikan amanah, pintu rumah kami buka 24 jam untuk masyarakat. Janji politik ini akan kami tunaikan dalam setahun menjabat,” tukasnya. (nst)

Next Post

Hadapi Pilkada, ASN Pemkab Solok Ikrarkan Netralitas

Jum Okt 30 , 2020
SOLOK, KP – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota […]