DORONG PEMEBRDAYAAN EKONOMI DI TENGAH PANDEMI, Baznas Padang Serahkan Bantuan Gerobak Usaha kepada Mustahik

PADANG, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat duafa. Bantuan yang diserahkan kali ini berupa sebuah gerobak (etalase) usaha kepada Madiur, warga Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Senin (12/10). Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh Wakil ketua Baznas H. Siril Firdaus bersama staf.

H. Siril Firdaus menyebut mustahiq sebelumnya telah disurvei sehingga bantuan yang diberikan benar-benar diterima oleh yang berhak. Ia berharap bantuan yang diberikan melalui program pemberdayaan ekonomi itu dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam mendukung kegiatan ekonomi mustahiq di masa pandemi covid-19.

Sementara, Madiur mengucapkan terimakasih kepada Baznas yang telah memberikan bantuan gerobak usaha itu kepadanya. Ia berjanji akan memanfaatkan bantuan itu dengan sebaik-baiknya. Diakuinya, pandemi covid-19 membuat perekonomiannya terpukul. Sebab, usaha warung kecil-kecilan yang dikelola bersama istrinya terpaksa tutup. Sebab, selama ini jual belinya sangat tergantung kepada siswa MAN 3 Padang karena warungnya berada di dekat lingkungan madrasah tersebut. Akibat pandemi, tidak ada lagi pembelajaran tatap muka sehingga warungnya pun tidak lagi berjual-beli. Ke depan, gerobak usaha bantuan baznas itu akan digunakannya untuk berjualan minuman es, jus, dan minuman segar lainnya.

BAZNAS INGATKAN UMAT ISLAM TETAP BERZAKAT MESKI DI TENGAH PANDEMI

Pandemi covid-19 membuat jumlah fakir miskin meningkat secara mendadak. Karena itu, zakat sangat dibutuhkan untuk digunakan membantu masyarakat yang sedang membutuhkan. Baznas Kota Padang terus mengingatkan agar umat Islam tetap melakukan zakat meskipun di tengah pandemi covid-19.

“Kami terus mengingatkan umat Islam agar membayar zakat dengan tujuan dapat segera membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Ketua Baznas Kota Padang Episantoso, Minggu (10/10).

Episantoso mengatakan saat ini untuk membayar zakat bisa lewat online atau memanfaatkan layanan digital, sehingga tidak perlu keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang. “Sehingga, meski di masa pandemi kita masih bisa menjalankan rukun Islam tersebut,” ucapnya.

Bahkan, adanya pandemi covid-19 bukan merupakan penghalang untuk membayar zakat. Justru, pada saat yang seperti ini pengumpulan zakat harus lebih ditingkatkan lagi. Sehingga bisa segera terdistribusikan kepada mustahik lebih cepat. (ak)

Next Post

Pengurus Perbakin Sumbar 2020-2024 Dilantik

Sen Okt 12 , 2020
PADANG, KP – Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dilantik sebagai Ketua Pengurus Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Sumbar masa bakti 2020-2024.Pelantikan itu dipimpin oleh Ketua Umum PB Perbakin Joni Suprianto di Padang, Minggu (11/10). Dalam sambutannya, Ketua Umum PB Perbakin selain mengucapkan selamat bagi seluruh anggota […]