Empat Ekor Buaya ‘Teror’ Warga Air Bangis

SIMPANGEMPAT, KP – Sebanyak empat ekor buaya muara ‘meneror’ permukiman warga di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sejak beberapa hari terakhir. Bahkan, buaya-buaya itu dilaporkan sering memangsa hewan ternak milik warga.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) yang mendapat informasi tersebut langsung memasang dua unit perangkap yang terbuat dari besi atau ‘box trap’ untuk menangkap buaya itu.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar Ade Putra menduga buaya-buaya itu mendekati pemukiman warga ketika air pasangdan ketika air surut tidak dapat kembali ke perairan muara Air Bangis.

“Menurut laporan warga setempat, sejak tertinggal di genangan air, buaya tersebut kerap naik ke daratan dan telah memakan beberapa ekor ternak warga,” katanya, Rabu (14/10).

Ia mengimbau kepada warga agar waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas disekitarlokasi perairan muara Aia Bangih dan tidak membuang sisa potongan olahan daging baik ayam, sapi, atau ikan di sekitar air di pemukiman warga.

“Kami imbau tidak melakukan itu karena dapat memancing buaya muncul untuk mencari makan dari sisa olahan daging tersebut,” katanya. (lgm)

Next Post

Hingga Oktober, Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 554 Kg Ganja

Rab Okt 14 , 2020
LUBUKSIKAPING,KP- Polres Pasaman melalui jajaran satnarkoba berhasil mengungkap 29 kasus […]