Hingga 2020, Pemko Bukittinggi Telah Bangun 20 Gedung Sekolah

BUKITTINGGI, KP – Pembangunan gedung sekolah baru oleh Pemerintah Kota Bukittinggi, bukan mengacu kepada keinginan pribadi. Melainkan pembangunan itu dilaksanakan sesuai kebutuhan dan tuntutan 8 (delapan) Standar Pendidikan Nasional. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, H. Melfi Abrar kepada KORAN PADANG di Balaikota Bukittinggi, baru-baru ini.

Dikatakannya, pembangunan dunia pendidikan merupakan salah satu prioritas yang harus dilaksanakan, sebab sekolah merupakan lembaga untuk mencetak generasi terdidik penerus masa depan bangsa. Konsep dari Pemerintah Kota Bukittinggi, sekolah bukan hanya tempat anak-anak belajar, tetapi diharapkan sekolah menjadi rumah kedua mereka.

Untuk itu, setiap gedung sekolah yang dibangun harus memiliki musala representatif untuk mencetak karakter anak didik di sekolah. Di samping itu juga dilengkapi taman untuk anak-anak bermain serta ruang kelas yang nyaman sebagai tempat menimba ilmu.       “Semuanya dibangun berdasarkan delapan (8) standar pendidikan nasional, salah satunya sarana dan prasarana representatif. Dan itu tertuang dalam rapor mutu yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” ungkapnya.

Disebutkannya, di Kota Bukittinggi ada 48 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) serta satu Taman Kanak Kanak Negeri (TK Negeri). Hingga tahun 2020 sudah 17 Sekolah Dasar Negeri yang dibangun. Sedangkan untuk SMPN sudah tiga sekolah yang dibangun, masing-masingnya SMPN 4 Panorama, SMPN 5 dan SMPN 7.

“Ke depannya, bagi sekolah yang belum dibangun tentu kita melihat skala prioritasnya. Bagi sekolah yang harus dibangun baru, tentu kita akan membangun baru. Serta tentunya dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran,” ungkapnya. (eds)

Next Post

Polres Bukittinggi Gelar Operasi Zebra Selama Dua Pekan

Sen Okt 26 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Semenjak Senin (26/10) hingga Minggu (8/11) mendatang, jajaran Polda Sumatra Barat (Sumbar) termasuk Polres Bukittinggi, menggelar operasi bidang lalu lintas dengan sandi Operasi Zebra Singgalang 2020. Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara melalui Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Andri Nugroho menjelaskan, dalam Operasi Zebra Singgalang 2020 jajaran Satuan […]