Hingga Oktober, Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 554 Kg Ganja

LUBUKSIKAPING,KP- Polres Pasaman melalui jajaran satnarkoba berhasil mengungkap 29 kasus penyalahgunaan narkotika dalam kurun waktu sepuluh bulan terhitung sejak Januari hingga awal Oktober 2020 ini.

Ini membuktikan Kabupaten Pasaman merupakan daerah strategis tempat perlintasan masuknya narkoba, baik itu dari daerah Provinsi Sumatera Utara maupun Provinsi Aceh.

“Hingga awal Oktober 2020 ini, kami telah memproses 23 kasus yang telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Pasaman dengan 36 tersangka pengedar dan pemakai narkotika di wilayah hukum Polres Pasaman. Keseluruhan kasus narkoba yang berhasil diungkap sepanjang Januari hingga September 2020 ada 29 kasus dengan 45 orang tersangka,” terang Kapolres PasamanAKBP Dedi Nur Andriansyah, Rabu (14/10).

Ia menjelaskandari 28 kasus itu, 18 kasus diantaranya merupakan kasus peredaran ganjaserta 10 kasus peredaran sabu-sabu. Sedangkan kasus yang ditangani selama sembilan bulan terakhir kebanyakan adalah kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Adapun total barang bukti narkotika jenis ganja yang berhasil diamankan sebanyak 554 kilogramlebih. Sedangkanbarang bukti sabu yang berhasil diamankan sebanyak satu kilogram lebih.

“Semuanya berasal dari Sumatera Utara dan Aceh yang dibawa melalui jalur darat, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat,” katanya.

Sementara itu, dua kasus lagi masih dalam tahap penyidikan, 3 kasus dalam tahap pertama atau pelimpahan berkas, sedangkan 23 kasus lainnya telah mencapai tahap II atau penyerahan tersangka ke Kejaksaan Negeri Pasaman.

Terpisah, Ketua DPRD PasamanBustomi mengapresiasi langkah serius pihak kepolisian dalam memberantas peredaran narkoba didaerah itu.”Kita sangat apresiasi capaian Polres Pasaman yang hingga saat ini menunjukan konsistensinya dalam memberantas peredaran narkoba di Pasaman. Ini merupakan tanggungjawab kita semua dalam menjaga anak cucu dan kemenakan kita dari bahaya narkoba,” kata Bustomi. (nst)

Next Post

Aqua Solok Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia di Kelok Batuang

Kam Okt 15 , 2020
SOLOK, KP – Perusahaan air minum terkemuka di Kabupaten Solok PT. Tirta Investama, memperingati hari cuci tangan sedunia di Kelok Batuang, Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Kamis (15/10). Dalam kesempatan tersebut, manajemen Aqua Solok mengajak masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun. Di samping itu PT […]