Kelompok Kesenian Cahaya Palito Lestarikan Kesenian Tradisional di Tengah Masyarakat

SIJUNJUNG, KP – Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional saluang dan tari piring di tengah masyarakat. Sekolompok masyarakat di Jorong Ranah Sigading, Nagari Padang Laweh Selatan, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung selalu mengadakan latihan secara rutin. Latihan yang diselenggarakan dua kali seminggu itu dibiayai secara swadaya oleh anggota kelompok kesenian yang diberi nama Kelompok Kesenian Cahayo Palito.

Ketua Kelompok Kesenian Cahaya Palito, Azwar didampingi Pembina Kadar dan Babullah Gegui, Sabtu malam (9/10) di lesehan latihan di Jorong Ranah Sigading mengatakan, saat ini ada 25 anggota aktif. “Jadwal latihan Kamis malam saluang klasik dan malam minggu saluang Dangdut dan tari piring tradisional,” terang Azwar.

Dikatakannya, Kelompok Kesenian Cahayo Palito yang telah beraktifitas sejak sepuluh tahun lalu, berawal dari adanya kelompok remaja penggemar orgen tunggal. Namun karena tersandung biaya, Azwar bersama Kadar dan Idrus, pemain saluang, berinisiatif membentuk kelompok kesenian tradisioanal tersebut. Selain biaya tidak terlalu banyak, warga sekitar banyak yang hobi bersaluang dan berdendang.

Berawal dari beranggotakan sembilan orang jelasnya, akhirnya berkembang sampai saat ini yang aktif setiap latihan mencapai 25 orang dan sebagian besar para remaja. Namun Azwar dan Kadar mengaku kewalahan mencari kader dari pemuda (pelajar) untuk tukang saluang. “Tukang dendang dan tari piring saat ini kader kita ada yang dari siswa SD, SMP dan SMA,” sela Kadar.

lebih lanjut dijelaskannya, selama beraktifitas sejak dua tahun terakhir, kelompok Kesenian Cahayo Palito sudah menjadi perhitungan di kabupaten setempat. Berbagai penghargaan dan kejuaraan telah diikuti, walaupun belum berhasil juara I, namun kelompok itu selalu di peringkat II, tingkat Kabupaten. (shd)

Next Post

Jelang Pilkada, Kondisi Politik Bukittinggi Masih Kondusif

Sen Okt 12 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Kondisi politik di tengah masyarakat menjelang Pilkada […]