Komisi I DPRD Sumbar Sosialisasikan Perda AKBke Pasbar

KOMISI I DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2020 tentangAdaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Senin (19/10). Sosialisasi tersebut,dilakukan di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan mengandeng Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Samsul Bahrimengungkapkan, penekanan dari Perda AKB bukan terhadap sanksi bagi pelanggar, melainkan untuk merobah pola pikir masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Untuk merobah pola kehidupan, bukan sesuatu yang mudah seiring berjalannya waktu penerapan Perda akan berjalan optimal,” katanya.

Dia mengatakan, pelaksanaan sosialisasi tidak hanya melibatkan OPD, namun juga para wali nagari se-Kabupaten Pasbar, mereka diharapkan mampu menjadi ujung tombak pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Perda AKB penting dilaksanakan mengingat kasus positifCovid-19 terus meningkat.

Pada muatan Perda AKB, lanjutnya, memiliki pasal penegakan sanksi pidana yang diterapkan, hal itu merupakan upaya agar masyarakat meningkatkan kedisiplinan diri agar tidak terpapar virus Covid-19.

Sementara itu Sekretaris Komisi I, HM Nurnas mengatakan, tokoh masyarakat memiliki peran besar dalam mensosialisasikan bahaya dan mencegah Covid-19. Misalnya dalam penyampaian ceramah di masjid atau musala, nasihat dari mamak ke anak kemenakan.

Dia mengatakan, pihaknya juga mengajak, tokoh agama untuk mensosialisasikan perda ini agar masyarakat patuh mengenakan masker, jaga jarak jika keluar rumah. Pihaknya berharap perda ini mampu membuat jumlah pasien positif terus menurun.

Dirinya meyakini dengan adanya perda ini dapat disosialisasikan dengan baik dan berdampak bagi masyarakat.

Seluruh komisi – komisi di DPRD Provinsi Sumbar turun ke daerah – daerah, terlibat aktif dalam sosialisasi Perda nomor 6 tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Lima komisi di DPRD provinsi secara intens melakukan sosialisasi, dengan harapan penerapan Perda dapat lebih cepat dipahami oleh masyarakat di tengah kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat yang masih terus meninggi. (*)

Next Post

Bupati Gusmal Kukuhkan SDC dan Work Places Kabupaten Solok

Sel Okt 20 , 2020
SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, mengukuhkan pengurus Penyusunan program pelatihan atau Skill Development Centre (SDC) dan Work Places Kabupaten Solok, di Ruangan Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok di Arosuka, Senin (19/10). Tampak hadir pada acara tersebut Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatra Barat diwakili Kabid Pelatihan dan […]