Liga Champions, Prediksi Ajax vs Liverpool

AMSTERDAM, KP – Tim kuat asal Belanda, Ajax Amsterdam bakal meladeni tantangan juara bertahan Liga Inggris Liverpool dalam laga perdana babak penyisihan Grup D Liga Champions 2020/2021, di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Kamis dinihari WIB nanti (22/10).

Kondisi kedua tim di kompetisi domestik bertolak belakang. Ajax Amsterdam berada di peringkat keduadi bawah PSVdengan koleksi 12 poin hasil dari 4 kali menang dan sekali kalah.Sementara itu, meski masih berada di jalur yang tepat dengan menempati urutan 3, penampilan Liverpool terlihat mulai menurun. Dalam dua laga terkini di Premier League, skuad arahan Jurgen Klopp seperti kesulitan meraih kemenangan.Usai kalah telak atas Aston Villa lewat skor 7-2, The Reds ditahan imbang oleh rivalnya, Everton dengan skor 2-2 dalam Derbi Merseyside, Sabtu lalu (17/10).

Musim lalu, Ajax tak mampu melaju ke fase gugur UCL 2019/2020 lantaran menempati posisi 3 Grup H di bawah Chelsea dan Valencia. Skuad Erik ten Hag tentunya tak ingin gagal lagi di musim ini.Meskipun ditinggalkan sejumlah bintangnya, namun kehadiran muka-muka baru musim ini memberikan ‘kesegaran’ tersendiri bagi Ajax Amsterdam. Dua pemain muda, Antony dan Mohammed Kudus (20 dan 19 tahun), didatangkan dari Sao Paulo dan Nordsjaelland guna menambah opsi di lini tengah.

Kehadiran Jurrin Timber yang merupakan jebolan Ajax Amsterdam U-21 semakin menguatkan bahwa skuad yang kini dilatih Erik ten Hag merupakan tempat yang baik bagi pemain muda.Kombinasi pemain junior-senior menjadi kekuatan utama Ajax. Hal itu diamini oleh salah satu pemainnya, David Neres. Sosok asal Brasil itu bahkan antusias untuk menyamai prestasi Ajax di UCL pada musim 2018/2019 yang sukses melaju hingga babak semifinal.

“Saya berharap kami bisa membuat musim yang fantastis lagi. Saya masih muda, tapi saya salah satu pemain paling berpengalaman. Saya dapat memimpin di dalam dan di luar lapangan,” katanya seperti dikutip laman resmi klub.

Memang, dalam dua musim terakhirNeres telah tampil sebanyak 15 kali di Liga Champions bersama Ajax. Torehan dua gol,tiga asis, dan keterlibatannya dalam permainanmembuat klub asal Amsterdam itu sangat berharap banyak pada kemampuannya di musim ini.

BADAI CEDERA DI KUBU LIVERPOOL

Di lain pihak, pelatih LiverpoolJurgen Kloppmesti bersiasat dengan banyaknya pemain andalan yang cedera. Setelah Virgil van Dijk, gelandang Thiago Alcantara juga masih diragukan tampil kendati kondisinya mulai membaik.

Terbatasnya pemain, terutama di lini pertahanan, membuat Klopp diperkirakan bakal menempatkan Fabinho sebagai bek tengah untuk berduet dengan Joe Gomez.

Di posisi penjaga gawang, Adrian juga berpeluang besar turun sejak sepak mula meski tidak menutup kemungkinan Alisson kembali merebut posisinya berkat kondisi yang terus mengalami peningkatan.

Menanggapi performa sang calon lawan, Klopp menilai Ajax bakal menjadi salah satu klub yang diperhitungkan lantaran menggabungkan para pemain senior dan junior.

“Ajax sedikit mengubah filosofi mereka dan mendatangkan beberapa pemain berpengalaman. Daley Blind, Dusan Tadic, dan Quincy Promes ada di sana, termasuk Davy Klaassen yang didatangkan dari Werder Bremen,” ucapnya.

“Mereka mengombinasikan dengan banyak pemain berbakat yang sangat muda, dan itu menarik. Begitulah adanya,” tambah Klopp.

Dengan situasi terkini, Ajax berada di atas angin. Andai mampu memanfaatkan labilnya skuad Liverpool saat ini, tripoin perdana di UCL musim ini bisa didapat.Sebaliknya, The Reds, dengan materi pemain yang tak terlalu banyak berubah, akan mendapat ujian dalam laga ini. Seberapa kuat mereka tanpa beberapa pemain bintang?

Sebagai tambahan informasi, ini pertemuan pertama kedua tim setelah lima dekade lebih. Kedua tim terakhir kali berduel adalah pada babak 16 besar Liga Champions (dulu masih bernama European Cup) pada tahun 1966 silam.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Ajax Amsterdam: Andre Onana; Noussair Mazraoui, Perr Schuurs, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Ryan Gravenberch, Edson Alvarez; Antony, Mohammed Kudus, Dusan Tadic; Zakaria Labyad.

Liverpool: Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Fabinho, Robertson; James Milner, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino.

07 Dec 1966         Ajax v Liverpool   L              5-1          European Cup

14 Dec 1966         Liverpool v Ajax   D             2-2          European Cup

Next Post

Sunyi Istana Kepresidenan di Tengah Riuh Demo Omnibus Law

Sel Okt 20 , 2020
JAKARTA, KP – Kumandang azan Ashar dan bunyi irama bel sepeda pedagang kopi keliling memecah sunyi yang menyelimuti kawasan Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat Selasa sore (20/10).Bangunan Istana dengan dominasi cat warna putih tampak gagah berdiri di tengah sorotan publik atas situasi politik dan hukum belakangan ini. […]