Masyarakat Nagari Pangian Optimis Hadapi Penilaian

BATUSANGKAR, KP – Masyarakat Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo optimis menghadapi penilaian kampung KB, Posyandu, PHBS dan LBS di Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2020.

Di Pangian sendiri, titik penilaian terbagi di beberapa tempat seperti di Galapuang, Jorong Kota Gadang untuk kategori Kampung KB, Jorong Tago Palange kategori Posyandu dan Jorong Koto Gadang secara keseluruhan kategori PerilakuHidup Bersih dan Sehat- Lingkungan Bersih dan Sehat (PHBS-LBS).

Patisipasi masyarakat mendukung penilaian tersebut diwujudkan dalam bentuk gotong royong (goro) membersihkan akses jalan menuju Galapuang guna menunjang kelancaranpenilaian tersebut, Rabu (14/10).

Pjs. Ketua TP PKK Tanahdatar, Ny. Tuti Rahman mengapresiasi goro yang dilakukan masyarakat Nagari Pangian yang dimulai sejak pagi hingga menjelang siang.

“Saya sangat senang sekali melihat semangat gotongroyong masyarakat Nagari Pangian, mudah-mudahan semangat ini membawa kita menjadi juara HKG PKK Kesehatan di tahun ini,” harap Ny. Tuti Rahman.

Istri Pjs Bupati sekaligus Kepala BPBD Sumbar itu berpesan, agar semangat gotong royong itu terus dijaga, bukan hanya dalam menghadapipenilaian HKG PKK Kesehatan saja. “Saya berharap gotong royong dapat berkesinambungan secara terus menerus, tidak hanya dalam penilaian saja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMDPPKB Tanahdatar Nofenril mendukung penuh Nagari Pangian menjadi perwakilan Kabupaten Tanahdatar dalam penilaian HKG PKK-KB Kesehatan tingkat provinsi.

“Segala sesuatunya yang menyangkut penilaian akan kita bantu semampu kita. Kita berharap dukungan dari semua pihak agar Nagari Pangian dapat mengikuti perlombaan ini dengan lancar. Kita memberikan dukungan agar semangat ini dapat terus terjaga hingga tidak saja saat penilaian, tapi juga terealisasi di lain waktu,” ucapnya.

Di tempat yang sama Camat Lintau Buo Agusril menjelaskan, jika Galapuang saat ini telah banyak bertransformasi dari sebelumnya. Daerah yang termasuk dalam Jorong Koto Gadang itu dari yang semula hanya pemukiman para petani telah mulai berkembang sejak beberapa tahun terakhir.

“Kita memiliki Rumah Data yang berguna untuk menampung data Kampung KB yang saat ini dalam proses pengerjaan. Kemudian juga ada Pamsimas yang telah beroperasi dan dalam waktu dekat kita maksimalkan. Tidak hanya itu, potensi wisata yang dimiliki oleh Galapuang juga akan dimaksimalkan. Kita akan upayakan faktor pendukung dalam penilaian ini dapat terealisasi secepatnya,” terang mantan Camat Padang Gantiang tersebut.

Dilain pihak, Kepala Dinas Kesehatan Tanahdatar, dr. Yesrita berharap agar setiap elemen masyarakat dapat bersatu meraih impian yang diharapkan. “Kita sepakat untuk menjadi juara, tentunya hal itu dapat terwujud apabila semua pihak mendukung penilaian ini,” sebutnya.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Ketua II TPPKK Tanahdatar, Ny Rina Irwandi, Seknag Pangian Novarisman, Ketua LPM Pangian Yurid Erja, Kabid KB Dinas PMDPPKB Tanah Datar Irdayani, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMDPPKB Poppy Azis, dan pengurus TP-PKK Kabupaten Tanahdatar lainnya. (nas)

Next Post

Wapres: Agama Lebih Manjur Ciptakan Perdamaian Daripada Militer

Rab Okt 14 , 2020
JAKARTA, KP – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menilai pendekatan […]