Pak Alidinar dalam Kenangan dan Ingatan

H. Adi Bermasa

SELAMAT jalan Pak Alidinar Nurdin. Istirahatlah dengan tenang di surga yang dijanjikan Allah bagi umatnya yang saleh dan bediman. Sesuai dengan amal yang Bapak tekuni, Insyaallah Yang Maha Kuasa membalas semua kebaikan yang Bapak lakukan.

***

Almarhum Alidinar Nurdin meninggal dunia pada Sabtu (24/10). Beliau adalah pamong senior Sumatra Barat. Sebelum pensiun beliau menjabat sebagai Kepala Bappeda Sumbar. Banyak fokus kerja dan amal yang dilakukannya berkaitan dengan pembangunan desa. Bahkan untuk meningkatkan kecerdasan perangkat desa, ia merintis program Koran Masuk Desa. Pada masa itu, baru ada tiga koran terbit di Sumbar, yaitu Singgalang, Haluan, dan Semangat.

Selain bergerak membangun pedesaan Sumbar, banyak lagi jabatan penting yang beliau emban sesuai amanah yang diterima dari atasan. Bahkan begitu tekunnya mengabdi untuk negeri, penulis mencatatnya sebagai tokoh ‘super sibuk’. Bahkan setelah pensiun dan tanpa menghiraukan sakit, pengabdian sebagai Ketua Dewan PengawasYayasan DR. H. Abdullah Ahmad Sumbar tetap dikendalikannya.

Bagi penuli, Alidinar Nurdin adalah tokoh luar biasa. Beliua selalu tampil ceria. Meski sudah ‘berlangganan’ dengan paviliun embun pagi RSUP M. Djamil, namun senyum selalu terukir di wajahnya.

Kini, salah satu tokoh pembangunan Sumbar itu telah pergi selamanya. Tak hanya bagi Sumbar, Kehilangan mendalam juga dirasakan Yayasan PGAI. Sebab, masih banyak yang perlu dikembangkan di lembaga pendidikan PGAI Sumbar di bawah pengawasan beliau. Antara lain membangun hotel dan pertokoan syariah di arah Jalan Perintis Kemerdekaan bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia, mengembangkan rumah susun sewa, dan banyak lagi lainnya. Yang lebih penting lagi menyusun pengurus baru Yayasan PGAI Sumbar periode 5 tahun mendatang. Semoga saja pengurus segera terbentuk.

Semoga pengabdian dan amal saleh yang Bapak lakukan bagi negeri ini jadi amal mulia dan tercatat sebagai ibadah di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan sabar menghadapi cobaan ini. Amiin. *

Next Post

Tragis, Bocah 11 Tahun Tewas Ditimpa Pohon Kelapa

Ming Okt 25 , 2020
PADANGPARIAMAN, KP – Seorang bocah yang masih duduk di bangku […]